Melihat langsung tarian itu, lariangi, magisnya sungguh terasa. Dua belas gadis menggerakkan tubuh dengan gemulai sambil melantunkan syair-syair. Mereka mengisahkan kapal-kapal yang memasuki Pulau Kaledupa, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada masa lalu.
Sebenarnya beberapa pementasan lariangi bisa diunduh melalui situs Youtube. Namun, selalu ada yang berbeda di dalam setiap pementasan yang dibawakan dalam bahasa Wolio, bahasa suku Buton, itu. Selain itu, melihat rekaman peristiwa jelas berbeda dengan merasakan sesuatu yang nyata terjadi di depan mata.
Rasa terhanyut tersebut muncul ketika menyaksikan gerakan kaki dan tangan, tata rias wajah dan rambut, serta mendengar suara para gadis itu menyanyi. Ini yang disebut sejarawan dan pembina Asosiasi Tradisi Lisan, Mukhlis PaEni, sebagai tradisi yang terbarukan, selalu aktual dalam setiap pengulangan.
Butuh waktu seharian bagi siswa-siswa SMA 1 Kaledupa itu untuk persiapan menari. Riasannya rumit, terutama bagian rambut. Bentuk segitiga di sisi kanan dan kiri kepala tersebut bukan hiasan tempelan, tetapi dibentuk dari rambut sendiri. Begitu juga dengan bagian poni. Sanggul atau pantau juga tidak mudah membuatnya. Para penari mengenakan busana yang penuh hiasan dan manik-manik, plus berbagai aksesori, seperti gelang berukir, kalung, dan giwang. Semua dandanan itu sesuai dengan arti kata lariangi. Lari berarti ’menghias’ dan angi bermakna ’orang-orang yang berhias untuk menyampaikan sesuatu atau nasihat’.
”Sejak pagi kami make up wajah dan rambut. Lama karena memakai rambut sendiri yang dihias, bukan rambut palsu. Pakaian dan hiasannya juga banyak,” kata pemimpin Sanggar Hoga Island Kaledupa, Maswar, Minggu (14/6/2015). Sanggar Hoga Island diminta mementaskan lariangi dalam acara Seminar Internasional dan Festival Tradisi Lisan Ke-9 di Pulau Wangi-Wangi di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.
Lariangi bagi masyarakat Pulau Kaledupa bagai menu wajib dalam jamuan makan malam. Mementaskan lariangi sudah menjadi kebiasaan setiap kali ada hajatan. ”Ada 16 kelurahan di Kecamatan Kaledupa dan setiap kelurahan punya satu kelompok tari lariangi,” jelas Camat Kaledupa Mukhsin.
Diiringi alat musik kendang, gong, dan bonang, para penari memainkan kipas, melirik, merendahkan tubuh, seperti pasang kuda-kuda, sambil terus melantunkan syair. Lagu pertama, ”Iya Malahu”, menceritakan satu cerita di Keraton Buton pada masa silam, tentang kapal-kapal yang masuk ke Kaledupa. Lagu kedua, ”Ritanjo”, tentang puji-pujian untuk Pulau Hoga. ”Mari kita sama-sama pelihara isi Pulau Hoga, terumbu kerangnya jangan dibom. Laut itu warisan dunia dari Barata Kaledupa,” begitu isi liriknya.
”Pada zaman dulu, bisa semalaman tarian ini dipentaskan untuk raja. Lagunya bisa sampai 30-an. Isinya macam-macam, ada sejarah, petuah, keindahan alam, perang, permainan, kisah cinta, dan lain-lain. Kalau sekarang, biasanya pentas dua lagu sudah cukup,” tutur Maswar.
Tari persembahanLariangi merupakan tradisi lisan yang sudah ada sejak abad ke-17 di Kesultanan Buton, tepatnya di Kaledupa. Sumber lain menyebutkan, tari ini sudah ada sejak abad ke-14 ketika Raja Wakaaka dinobatkan sebagai raja pertama di Kaledupa. Tarian yang telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Nasional pada 2013 ini mulanya adalah tari persembahan untuk menghibur raja yang sedang letih.
Lariangi diwariskan turun-temurun hingga kini. Gerakan menari diajarkan secara lisan dari generasi ke generasi, juga lagunya. Bupati Wakatobi Hugua yakin, tarian ini bisa menjadi warisan dunia tak benda mengingat banyaknya simbol-simbol bermakna di setiap detail riasan dan pakaian, juga pesan-pesan kebaikan dalam syair-syairnya.
Simbol-simbol itu antara lain hiasan yang disebut panto yang diletakkan di kepala, menandakan derajat kebangsawanan. Lalu ada bunga konde sebagai lambang pagar beton keraton, kalung dengan bentuk matahari dan bulan sebagai sumber cahaya, dan hiasan naga sebagai lambang penjaga benteng keraton.
”Karena tarian ini berasal dan tumbuh di kepulauan, juga gaya menariknya yang lemah gemulai, saya menyebutnya tarian di atas gelombang,” kata Sekretaris Kabupaten Buton Sudjiton. Kini lariangi makin menyesuaikan dengan zaman. Penonton boleh masuk ke dalam barisan penari dan ikut melenggak-lenggok kendati dengan gerakan asal-asalan. Seperti pada pertunjukan Minggu itu, Sudjiton ikut menari dan setelah itu nyawer, meletakkan uang ke dalam piring yang telah disediakan.
Banyak tradisi di Wakatobi yang sarat dengan nilai. Pasikamba, misalnya, satu prosesi doa agar beruntung dalam mencari ikan. Pasikamba mengajari nelayan untuk akrab dengan alam, membaca alam. Lalu ada issu, tradisi mengatur waktu untuk berlayar.
Beragam tradisi itu dilingkupi satu semangat gau satoto, yakni sebuah ideologi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Gau satoto dimaknai sebagai penyatuan kata dan perbuatan, dijabarkan ke dalam lima prinsip nilai, yakni tara (tangguh), turu (sabar), toro (teguh), taba (berani), dan toto (jujur). Ideologi ini mengontrol laku orang Wakatobi (Hadara, Ali, Gau Satoto: Kearifan Lokal Orang Wakatobi, 2014).
Simbol dan kearifan lokal warga di mana pun, mungkin dianggap sebagai mitos. Namun, mitos itu memiliki tujuan kreatif yang mampu melindungi suatu kawasan yang seharusnya dilindungi oleh masyarakat adat. (Susanto, Hary: 1987). Dengan demikian, tradisi-tradisi lisan tersebut berperan penting dalam menjaga lingkungannya.