Jenis Kelamin Kura-Kura Bergantung Pada Suhu Inkubasi

By , Minggu, 21 Juni 2015 | 15:00 WIB

Biuku berusaha keras untuk berkembang biak. Pejantan menggunakan warna keturunan mereka yang mencolok untuk menarik pasangan, dan kuku mereka untuk menjaga pasangan dalam cengkeraman. Betina tumbuh lebih besar daripada laki-laki, agar dapat membawa banyak telur yang besar. Di musim kawin mereka pasangan secara bebas.

Kemudian biuku betina menempuh perjalanan jauh, kadang-kadang menantang air asin, demi pesisir berpasir di mana mereka dapat berbaring dan mengubur beberapa cengkeraman telur selama setahun.

“Meskipun telah berusaha begitu keras, lima dari enam spesies biuku di genus Batagur menjadi spesies yang terancam punah,” kata Rick Hudson, presiden Turtle Survival Alliance.

Kepunahan biuku disebabkan hilangnya habitat, akibat digunakan untuk penambangan pasir dan mati karena  tertangkap di jaring ikan. Orang-orang banyak yang mengambil telur biuku dari sarangnya untuk dimakan atau dijual. Sementara biuku dewasa dikirim ke Tiongkok, dan mereka akan menjadi jamuan yang lezat.

Suhu dapat mempengaruhi kelangsungan hidup: jenis kelamin burung dan mamalia ditentukan oleh kromosom, tapi jenis kelamin kura-kura banyak dipengaruhi oleh suhu selama pengeraman telur. Seringkali suhu pengeraman yang dingin akan menghasilkan tukik biuku jantan. dan dari suhu yang hangat menghasilkan tukik betina.

Ketika program penangkaran meletakkan telur dalam tempat inkubasi yang terlalu dingin, Hudson mengatakan, mereka telah menghasilkan sedikit atau tidak ada betina, dari ratusan telur yang ada.

Sebaliknya, keuntungan perubahan iklim bisa berarti lokasi inkubasi yang menghangat, sehingga tukik biuku akan dominan betina dan mengurangi anak jantan.