Pemberian Nama Unik pada Hewan

By , Selasa, 23 Juni 2015 | 15:50 WIB

Lophornis adorabilis merupakan nama spesies burung hummingbird. Nama ilmiah yang unik, mengingat adanya adjektiva adorable—menggemaskan pada nama yang diberikan padanya.

Tahukah Sahabat? Ternyata ada sejumlah hewan di Bumi yang pemberian nama pada epitethon spesificum-nya berasal dari julukan unik yang menggambarkan ciri khas hewan tersebut. Epitethon spesificum adalah kata kedua pada Binomial nomenclature yang menunjukkan spesies suatu hewan.

Blobfish

Blobfish adalah sejenis hewan laut dalam yang hidup di perairan Australia, Tasmania dan Selandia Baru. Bentuknya yang mirip seperti gumpalan membuat para peneliti menamakannya demikian. (blob dalam bahasa Indonesia berarti gumpalan). Nama ilmiah dari blobfish adalah Psychrolutes marcidus, dengan marcidus adalah bahasa Latin yang berarti layu.

Tawon Dementor

Ini dia Dementor yang berhasil lolos ke dunia Muggle! Bagi para penggemar kisah Harry Potter, tentu nama ini tak terdengar asing.

Ampulex dementor adalah serangga terbang yang baru-baru ini ditemukan di Greater Mekong, Asia. Tawon ini dinamakan seperti karakter penghisap rasa bahagia dalam kisah Harry Potter karena kemampuannya menyengat mangsanya dengan racun, membuat mereka lumpuh tak bergerak, persis seperti korban Dementor yang tak akan merasakan apa-apa lagi setelah mendapatkan ‘ciumannya’.

Sparklemuffin

Sparklemuffin adalah laba-laba dengan guratan warna merah dan biru pada perutnya. Nama ilmiahnya, Maratus jactatus, diberikan pada laba-laba yang jago berdansa sebelum kawin ini karena rupanya yang memang menarik dan terlihat berkilau (sparkle).

Yoda Ungu

Para penggemar Star Wars mungkin akan menyukai ini. Dinamakan seperti karakter Master Jedi, Yoda purpurata adalah cacing yang ditemukan hidup di samudra Atlantik, di kedalaman 2,4 kilometer. Cacing ini memiliki bibir di samping kepala yang merepresentasi bentuk telinga Yoda.