Habitat Rumput Laut Kian Terdegradasi

By , Rabu, 1 Juli 2015 | 08:30 WIB

Pemantauan padang rumput laut di lepas pantai daerah North Wales menemukan banyak rumput laut rusak. Kerusakan yang diakibatkan oleh tambatan perahu, jangkar dan kendaraan yang melintas saat laut surut ini telah mengurangi nilai ekosistem.

Lebih sedikit spesies ikan yang ditemukan di tempat rumput laut yang terdegradasi, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PeerJ.Penelitian tentang rumput laut tersebut dilakukan di dekat desa Porthdinllaen, di Gwynned.

Para peneliti di Universitas Swansea mempelajari daerah baik yang tinggi maupun rendah dan mencakup lebih dari 28 hektar hamparan rumput laut. Mereka juga meneliti sampel ikan yang hidup di padang rumput laut dengan tanaman berbunga di bawah laut.

Ada pengurangan tiga kali lipat dalam keragaman spesies ikan dan invertebrata, seperti udang besar atau lobster, udang, ikan kod remaja dan ikan plaice remaja di daerah penutup rendah, kata pemimpin penelitian, Dr Richard Unsworth.

Dia mengatakan bahwa di daerah-daerah yang rumput lautnya telah rusak terdapat penurunan keragaman spesies dan nilai habitat ikan-ikan remaja.

Rumput laut berada dalam area khusus konservasi, yang merupakan situs yang sangat dilindungi di bawah European Habitats Directive. Meskipun telah dilindungi, habitat rumput laut masih terdegradasi, kata Dr. Richard.

"Kami sudah memiliki banyak undang-undang di Inggris untuk melestarikan banyak habitat laut tetapi mekanisme ini tidak memiliki kekuatan pendanaan yang cukup," kata Dr Unsworth.

Dampak

Dr Jean-Luc Solandt dari Marine Conservation Society mengatakan penelitian ini menegaskan kembali bahwa padang rumput laut adalah habitat penting yang harus dilindungi.

Penelitian ini menunjukkan bahwa gangguan pada padang rumput laut memiliki dampak negatif pada ekosistem dan kapasitas habitat ini untuk mendukung kekayaan spesies.

"Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa tindakan perlindungan diperlukan untuk melestarikan tempat-tempat yang beragam namun rapuh."

Rumput laut juga ditemukan di beberapa zona konservasi laut di Inggris. Beberapa zona konservasi laut telah ditandai dengan dampak lain untuk pertimbangan tahun selanjutnya.

Kelompok konservasi, yang didukung oleh anggota parlemen, telah menyerukan jaringan penuh dari zona dilindungi yang akan dibuat di sekitar garis pantai Inggris.