Di Masa Depan, Akan Ada <i>Charger</I> Nirkabel

By , Senin, 29 Juni 2015 | 17:00 WIB

Pernahkah Anda membayangkan bahwa suatu hari nanti, Anda tak perlu lagi perlu repot-repot mencharge atau mengisi ulang baterai handphone atau gawai lain yang Anda miliki ke soket listrik di rumah atau kantor? Mungkinkah ada alat untuk mencharge gawai dengan sistem nirkabel: saat gawai anda terkoneksi dengan suatu sambungan nirkabel tersebut, secara otomatis baterai gawai Anda akan terisi ulang.

Berangkat dari pemikiran itu, sebuah teknologi dibuat guna mewujudkan ide tersebut. Qi, industri konsorsium daya wireless berusaha menciptakan alat pengisi daya gawai yang lebih cepat. Mereka sedang mengembangkan cara untuk mencharge baterai gawai yang mengonsumsi banyak daya agar bisa lebih cepat terisi ulang, contohnya tablet.

Industri ini sebelumnya telah mampu mengisi ulang daya baterai dari 5 watt menjadi 15 watt. Hal itu dilakukan menilik adanya sejumlah gawai yang dijual dengan alat charger berkekuatan 15 watt. Dengan standar baru yang diciptakan Qi, memungkinkan perusahaan produsen gawai menciptakan alat pengisi ulang daya dengan menggunakan sistem nirkabel seperti halnya wifi. Diharapkan, waktu 30 menit mampu mengisi ulang penuh gawai.