Mengenal Paus Beluga, Si Burung Kenari di Lautan

By , Senin, 29 Juni 2015 | 16:00 WIB

Beluga, atau paus putih, adalah salah satu spesies terkecil dari ikan paus. Warna khas mereka dan dahi yang menonjol membuat mereka mudah diidentifikasi. Tidak seperti kebanyakan paus lain, beluga memiliki leher yang sangat fleksibel yang memungkinkan untuk mengangguk dan berbalik kepalanya ke segala arah.

Beluga umumnya hidup bersama dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka adalah hewan sosial dan komunikator yang sangat vokal. Beluga selama ini memang dikenal sebagai "burung kenari di laut". Ini merujuk pada betapa tingginya kemampuan vokal mereka.

Paus Beluga berenang bersama kelompoknya. (kids.nationalgeographic.com)

Mereka menggunakan bahasa diversifikasi bunyi klik, peluit, dan bunyi gemerincing. Ikan paus Beluga juga dapat menirukan berbagai suara lainnya. Hasil penelitian terhadap beluga menghasilkan kesimpulan mengejutkan: Beluga jantan bisa menirukan suara manusia.

Beluga terkait dengan 'paus unicorn', paus yang memiliki moncong tajam seperti gading dan dikenal dengan nama narwhal. Beluga tidak terkait dengan sturgeon beluga— ikan primitif yang sangat besar dengan lempeng tulang pada tubuh, meski memiliki nama yang sama, yang telah banyak dipancing demi mendapatkan telurnya yang terkenal mahal.