Jelajah Wisata Curug Sewu, Air Terjun Tertinggi di Jawa Tengah

By , Minggu, 5 Juli 2015 | 07:00 WIB

Hawa sejuk langsung menjalar di seluruh tubuh ketika kaki menginjak kawasan Curug Sewu di Kabupaten Kendal. Kesejukan alam yang begitu kentara memang menjadi daya tarik tempat wisata alam ini.

Curugsewu, merupakan nama desa di Kecamatan Patean, Kendal, Jateng. Posisi desa yang berada di perbukitan membuat tempat ini berhawa sejuk. Di balik perbukitan, terdapat obyek wisata Curug (air terjun) Sewu yang dikelola Pemkab Kendal. Terdapat beberapa spot menarik yang bisa dijelajahi di tempat wisata ini.

Di antaranya, lokasi Vespa raksasa yang memiliki ketinggian 150-180 sentimeter. Ukurannya yang cukup besar membuat pengunjung harus memanjat untuk bisa menaikinya.

Selain Vespa raksasa, jika kita menyisir obyek wisata ini, kita akan menemukan kebun binatang. Berbagai hewan yang biasa hidup di hutan dapat ditemui di kebun binatang ini. Semisal gajah, buaya, orangutan, kancil, kijang, dan beberapa jenis burung.

Tak hanya makhluk hidup di alam semesta. Curug Sewu juga menawarkan pesona khatulistiwa. Hamparan hutan dan sawah yang hijau dan indah dapat dilihat dari ketinggian. Pemerintah setempat telah membangun gardu pandang bagi para wisatawan yang ingin menikmati lanskap di obyek wisata ini.

Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang hamparan hutan dan sawah yang hijau dan indah. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Jika tak ingin melihat pemandangan dari gardu pandang, wisatawan dapat melihat dari bibir bukit. Pengelola obyek wisata telah memasang pagar pembatas di sekeliling bibir jurang tagar pengunjung merasa aman saat melihat perbukitan atau pun area pertanian. Akan tetapi, tentu saja anda tetap harus waspada dan memperhatikan betul faktor keamanan dan keselamatan. 

Dari bibir bukit inilah, mata wisatawan akan dimanjakan. Lembah sedalam ratusan meter pun terhampar begitu jelas di hadapan para wisatawan. Aliran air yang mengalir di sungai dan jatuh di tebing bukit, terlihat cukup jelas, meski banyak pepohonan di sekitarnya.!break!

Jika tidak puas melihat air terjun setinggi 45 meter ini dari ketinggian, Anda bisa berjalan turun ke kaki bukit. Gemericik air dari kejauhan akan mengiringi langkah kita saat menuruni anak tangga yang tersedia.

Tak hanya satu air terjun. Ada tiga air terjun di kawasan ini. Air terjun kedua berketinggian 15 meter. Sedangkan air terjun ketiga memiliki ketinggian 20 meter. Dari kaki bukit, ketiga air terjun itu terlihat seperti anak tangga. Itu sebabnya, Curug Sewu disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Saat perut lapar seusai menjelajahi tempat ini, Anda bisa mampir ke warung-warung makan yang berjajar rapi di satu sudut kawasan Curug Sewu. Beberapa menu makanan pun bisa dipilih, mulai bakso, mi rebus, juga nasi beserta lauk yang disukai.

Pelataran obyek wisata Curug Sewu. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Curug Sewu berjarak sekitar 40 km ke selatan dari kota Kendal. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, ada dua alternatif jalur yang bisa ditempuh, jalur Weleri-Sukorejo untuk Anda yang berkendara dari Kendal sisi barat, serta Boja-Paten untuk Anda yang berkendara dari arah timur.

Kondisi jalan berkelok-kelok tak akan terlalu melelahkan lantaran jalanan sudah beraspal mulus dan pemandangan di sepanjang perjalanan cukup asri.

Jika memilih kendaraan pribadi, Anda yang dari Semarang bisa naik bus jurusan Sukorejo, melewati Mijen, Boja. Selanjutnya, dari Sukorejo, naik angkot atau ojek ke Curug Sewu sekitar 7 km perjalanan.