Berkenalan dengan Araguaney, Pohon Nasional Venezuela

By , Senin, 6 Juli 2015 | 10:00 WIB

Tanggal 5 Juli 2015, Google (kembali) merayakan Hari Nasional Venezuela via Doodle. Meski sudah Google sudah melakukannya sejak 2008, namun untuk tahun ini keterangannya diubah menjadi ‘Hari Nasional Venezuela’, dimana tahun-tahun sebelumnya memakai keterangan Hari Kemerdekaan Venezuela’.

Untuk Doodle tahun ini, sang desainer, Robinson Wood, membuat tiga sketsa yang masing-masing mewakili identitas nasional Venezuela: burung Turpial, pohon Araguaney dan Capitolio (Istana Federal Legislatif). Dan seperti yang diketahui, tahun ini Doodle menampilkan pohon Araguaney untuk mewakili keindahan alam Venezuela.

Dalam penjelasannya, Google menuliskan, Venezuela memiliki pemandangan yang memikat. Dari perairan tropis dan Andes di utara, hutan Amazon yang kaya di selatan. Keragaman geografis negara ini menyilaukan. Tidak heran kemudian, bahwa salah satu simbol nasionalnya adalah spesimen ala yang menakjubkan, Araguaney.

Meski doodle tersebut hanya dipublikasi secara lokal (nampak di wilayah Venezuela sendiri), namun tidak ada salahnya jika kita berkenalan dengannya, Araguaney, Pohon Nasional Venezuela.

Araguaney merupakan tanaman asli Venezuela. Juga biasa disebut sebagai pohon terompet emas. Memiliki tinggi bervariasi, antara 6-12 meter, pohon ini ini memiliki bunga berwarna emas, dengan mahkota terbuka. Bunga-bunga ini tumbuh terikat dalam kelompok, menjadikan pohon ini pemandangan dan naungan yang indah. Warna emas kekuningan dari tanaman ini dinilai mirip dengan warna kuning tebal di bendera Venezuela.

Bunga-bunga emas ini berproduksi pada akhir musim dingin dan awal musim semi. Dan bayangkan ketika bunga-bunga terompet emas ini tua dan berguguran, untuk kemudian digantikan oleh bunga-bunga baru, seperti melapisi tanah atau rumput dengan karpet emas.

Pohon Araguaney (Wikimedia)

Tanaman yang memiliki bahasa ilmiah Tabebuia Chrysantha ini dideklarasikan sebagai pohon nasional tahun 1948. Bagian pertama dari nama ilmiah diambil dari penduduk pribumi dan bagian kedua berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘suara emas’.

Berdasar letak geografis Venezuela, Araguaney merupakan tanaman asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Spesies lain dari Tabebuia tumbuh secara ekstensif sebagai tanaman hias di daerah beriklim tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Di akhir paragraf, Google mangatakan bahwa dengan Doodle hari ini, kita merayakan alam, budaya dan orang-orang yang memanggil Venezuela sebagai rumah atas Cinco de Julio ini. Selamat, Venezuela.