4 Makanan Penyebab Kantuk

By , Rabu, 8 Juli 2015 | 07:00 WIB

Pernahkah Anda merasakan kantuk yang luar biasa saat mengikuti perkuliahan? Atau saat sedang menghadiri rapat penting dalam waktu yang lama. Meski sebelumnya Anda sudah mengisi energi dengan menyantap makanan, perlu Anda ketahui bahwa mungkin saja makanan yang Anda santap sebelum beraktivitas itulah yang menyebabkan Anda diserang kantuk!

Bukankah salad menyehatkan?

Mungkin itulah yang pertama Anda pikirkan selagi membaca urutan pertama makanan yang menyebabkan kantuk tersebut. Ternyata, menurut Elisabetta Politi, seorang ahli gizi dari Duke Diet and Fitness Center di Durham, Carolina Utara, mengonsumsi salad berarti menambah asupan vitamin namun mengurangi asupan protein dan karbohidrat—yang pastinya membuat Anda tidak akan mendapat cukup kalori untuk bertahan sampai penghujung hari. Namun, jika salad adalah pilihan yang tak ingin Anda lewatkan, maka tambahkan salad dengan madu atau raspberry vinaigrette, untuk mengganti kadar gula yang kurang.

Olahan susu mungkin menjadi favorit semasa Anda kecil. Tapi tahukah Anda? Semakin kita menua, tubuh semakin inteloran terhadap protein dalam olahan susu seperti kasein dan dadih susu. Jika tubuh kita mengalami intoleran tersebut, salah satu gejala yang akan dirasa adalah merasa capai dan pusing. Layla Blake-Gumbs, MD, dari Center for Integrative Medicine at the Claveland Clinic menjelaskan bahwa hampir lebih dari separuh pasiennya yang mengeluhkan pusing atau sakit kepala merasa lebih baik saat mereka berhenti mengonsumsi olahan susu.

!break!

Pisang dan kacang-kacangan kaya akan magnesium, yakni mineral yang membantu sel otot agar lebih rileks. Itulah sebabnya banyak dokter kerap menganjurkan pasiennya yang susah tidur untuk makan pisang sebelum tidur. Meski seseorang memiliki ketahanan yang berbeda-beda untuk merasa lelah dan mengantuk, tapi Anda bisa merasakan efeknya jika tak mendapat cukup asupan magnesium.

Jika Anda mengonsumsi makanan larut malam, kemungkinannya ada dua:  makanan itu akan membantu Anda mendapat tidur nyenyak yang berkualitas, atau justru membuat Anda susah tidur, membuat Anda merasa lebih lelah ketika bangun dan beraktivitas keesokan harinya. Untuk menghindari hal kedua, Blake-Gumbs menyarankan untuk tidak makan makanan yang mengandung asam.