Inilah Wendy, Kerabat Triceratop dengan Tanduk di Kepala

By , Kamis, 9 Juli 2015 | 15:15 WIB

Rabu (8/7) kemarin, dalam laporan studi yang dimuat di jurnal PLOS One, para peneliti mengumumkan keberhasilan mereka dalam mengidentifikasi jenis dinosaurus baru yang dinamakan Wendiceratops pinhornens.

Dinosaurus ini teridentifikasi sebagai dinosaurus dengan famili yang sama dengan Triceratops. Nama Wendiceratops (yang artinya 'wajah bertanduk Wendy') diambil dari nama seorang pemburu fosil Wendy Sloboda, yang sudah seringkali menemukan tulang belulang dan telur dinosaurus sejak remaja. Ia pulalah yang menemukan situs fosil Wendiceratops di selatan Alberta, Kanada, lima tahun silam.

Wendiceratops pinhornens beratnya bisa mencapai satu ton, dengan panjang mencapai 20 kaki atau 6 meter. Di hidungnya terdapat tanduk besar. Dilihat dari fosilnya, peneliti menduga terdapat juga tanduk yang letaknya di atas kedua mata dinosaurus itu.

Rekonstruksi kerangka Wendiceratops pinhornensis. (Danielle Dufault)

David Evans, salah satu pemimpin studi ini berharap keberhasilan pengindentifikasian Wendiceratops ini mampu membantu mereka memahami proses evolusi awal ornamen tengkorak dari kelompok dinosaurus yang dikategorikan dari tanduknya.