Smilodon dan Gigi Pedangnya

By , Sabtu, 11 Juli 2015 | 08:30 WIB

Kucing gigi pedang atau Smilodon fatalis hidup sekitar 10.000 tahun lalu di Amerika Utara dan Selatan. Smilodon merupakan salah satu predator zaman prasejarah yang terkenal tangguh, dengan gigi taringnya yang tumbuh sangat tajam.

Fosil gigi dari bayi Smilodon fatalis. Meski panjang gigi Smilodon dua kali lebih panjang dari gigi singa, pertumbuhannya tidak memerlukan waktu dua kali lebih lama. (Courtesy of Wysocki, Feranec, Tseng, and Bjornsson)

Baru-baru ini, peneliti berhasil mengungkap bahwa smilodon membutuhkan waktu hingga tiga tahun untuk benar-benar memiliki gigi pedang yang utuh. Penemuan itu didapat dari hasil penelitian yang dilakukan Aleksander Wysocki dan kolega kampusnya di Clemson University.

 Dengan menggunakan isotop oksigen dan alat tomography mikro, mereka menganalisa spesimen kucing Smilodon yang ditemukan di La Brea Tar Pits di Los Angeles, lalu menggabungkan hasilnya dengan penelitian sebelumnya.

Hasilnya, diketahui bahwa pertumbuhan gigi Smilodon akan lengkap ketika mereka menginjak usia 14 sampai 22 bulan. Namun untuk gigi taringnya, pertumbuhannya belum benar-benar selesai hingga mereka mencapai umur tiga tahun.

Pertumbuhan gigi atas Smilodon termasuk cepat, yakni 6 milimeter perbulan. Jika diumpamakan, pertumbuhannya dua kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku manusia dalam jangka waktu yang sama.