Perusahaan Mobil San Fransisco Luncurkan Sistem Autopilot untuk Pengguna Mobil Pribadi

By , Selasa, 14 Juli 2015 | 10:00 WIB

Tak hanya Google dan Audi, kini Cruise Automation, perusahaan asal San Fransisco juga tengah mengembangkan teknologi teranyar untuk para pengguna mobil: highway autopilot.

Highway autopilot merupakan paket sistem autopilot yang cukup dipasang di mobil-mobil biasa dan menjadikannya mobil otonomos. Paket yang disebut Cruise RP-1 itu terdiri dari kamera, radar, dan aktuator yang akan dipasangkan di atap mobil, persis di atas kaca depan.

Cukup dengan menekan tombol di dashboard yang terhubung dengan komputer di bagasi, sistem RP-1 akan mengambil alih atas kendali mobil dengan melibatkan cruise control adaptif, pengereman otomatis, dan sistem penjagaan jalur.

Namun, seperti halnya teknologi autopilot yang mulai dijual di pasaran, RP-1 bukanlah sistem autopilot yang sepenuhnya berfungsi sendiri. Pemakainya harus tetap awas, menjaga agar sistem autopilot bekerja dengan baik. Jika sistem RP-1 mendeteksi adanya hal ganjil—salju yang menutupi jalan, maka sistem akan memberi tanda untuk pengemudinya mengambil alih.

Tak hanya itu, Cruise Highway juga menyediakan aplikasi penunjuk kecepatan, arah, dan rambu jalan. Dikatakan, sistem RP-1 akan dijual seharga 10.000 dolar Amerika atau 12 juta rupiah per paketnya. Tapi perlu dicatat bahwa paket sistem autopilot ini baru bisa terintegrasi dengan Audi A4 dan S4 model 2012 hingga sekarang.