Libur Lebaran, TMII Buat Konsep "Pulang Kampung" untuk Wisatawan

By , Jumat, 17 Juli 2015 | 17:30 WIB

Menyambut pekan libur Lebaran, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyelenggarakan rangkaian acara untuk para wisatawan. Pengelola berusaha membuat konsep agar wisatawan dapat merasakan pulang kampung ketika mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah.

"Kalau libur Lebaran, para wisatawan Taman Mini Indonesia Indah bisa merasakan pulang kampung. Kita menyiapkan atraksi wisata di anjungan-anjungan seperti kuliner, bazar makanan tradisional, dan acara-acara lain. Di pintu masuk, para petugas juga pakai baju daerah," kata Kepala Humas TMII, Jerry Lamaha saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Kamis (16/7/2015).

Jerry mengatakan dalam pekan liburan Lebaran ini, TMII berharap dapat menjadikan suasana seperti kampung halaman bagi orang-orang yang tidak mudik. Atraksi-atraksi wisata yang ada, lanjut Jerry, terdapat acara seperti Gambang Kromong, Gotong Singa, Reog Ponorogo, dan Barongsai.

Petugas penjaga tiket di pintu masuk, menurut Jerry juga akan menggunakan baju adat daerah seperti Betawi dan Jawa Timur. Para petugas akan menyambut pengunjung yang akan memasuki kawasan TMII.

"Selain itu juga ada acara gema bedug, jawara Lebaran. Juga ada acara seperti panggung-panggung hiburan yang akan mengisi suasana," ujar Jerry.

Acara-acara berkonsep "Pulang Kampung" lainnya adalah pawai barongsai di Taman Budaya Tionghoa. Bagi yang wisatawan ingin mengunjungi Keong Mas, terdapat film-film baru yang dapat ditonton.

Sementara untuk pawai-pawai seperti Gotong Singa dan Reog Ponorogo akan berkeliling di Jalur Archipelago atau danau yang berbentuk peta nusantara. Sementara acara-acara hiburan akan dipusatkan di Panggung Wals dan juga di masing-masing anjungan rumah adat.

Jerry mengatakan wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Pengunjung dapat memasuki kawasan TMII melalui pintu-pintu masuk yang tersedia di dekat Keong Mas maupun Hotel Santika.