Merayakan Idul Fitri di Great Manchester

By , Sabtu, 18 Juli 2015 | 14:30 WIB

Tanggal 16 Juli 2015, sebagian besar umat Islam di seluruh penjuru dunia menyelesaikan hari terakhir berpuasa, yang mana juga merupakan malam sebelum Hari Raya Idul Fitri, hari raya bagi umat Islam. Di Indonesia, malam seperti itu biasa disebut dengan Malam Takbiran, yaitu ketika takbir dikumandangkan dengan penuh sukacita, oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Di Indonesia, 17 Juli, pagi hari, masyarakat akan berbondong-bondong pergi ke tanah lapang atau ke masjid, menunaikan ibadah Shalat Idul Fitri, sebelum disempurnakan dengan ritual sungkeman ke kerabat dan tetangga.

Di Great Manchester, Inggris, perayaan ini akan mulai diselenggarakan pada Jumat malam. Polisi telah melancarkan operasi khusus sebagai persiapan menjelang kedatangan ribuan orang ke salah satu tempat terkenal di Rusholme, Curry Mile dalam rangka perayaan hari besar umat Islam ini. Kepolisian juga akan melakukan serangkaian penutupan jalan untuk melancarkan kegiatan yang akan digelar selama tiga hari.

Curry Mile merupakan kawasan yang terkenal dengan deretan restorannya dengan cita rasa Asia Selatan dan Timur Tengah. Setiap tahun, Curry Mile mengadakan festival dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Komisaris Polisi dan Tindak Kejahatan Tony Lloyd mengatakan, "Sekali lagi, saya harus mengungkapkan kekaguman saya untuk dedikasi, kesabaran dan daya tahan yang ditunjukkan oleh anda yang berpuasa selama bulan Ramadhan.”

Menurutnya, masyarakat Inggris dapat mengambil hikmah dan belajar dari umat muslim yang berpuasa.

Inspektur Steve Howard juga turut memberikan ucapan bagi muslim yang berpuasa, "Salam bagimu; Semoga Allah memberkati anda dalam kehidupan sekarang dan selanjutnya."

Steve meyakinkan bahwa petugas kepolisian Greater Manchester akan melakukan tugas mereka untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang berkunjung ke Curry Mile. Mereka bekerja sama dengan Manchester City Council untuk meminimalkan gangguan lalu-lintas di daerah tersebut.

"Saya ingin mengingatkan orang-orang yang datang ke kota bahwa segala bentuk kejahatan, perilaku antisosial, aksi mengemudi yang berbahaya dan gangguan umum tidak akan ditoleransi,” ujarnya, “dan bahwa kita akan mengambil tindakan yang tegas terhadap orang-orang yang berpartisipasi dalam tindakan seperti itu."

Acara perayaan Idul Fitri di Curry Mile akan diselenggarakan selama tiga hari. Dan selama perayaan berlangsung, pihak kepolisian berjanji akan meningkatkan patroli dan akan hadir dan dapat dijumpai di sepanjang koridor Jalan Wilmslow dan wilayah sekitarnya.