Ullen Sentalu Didapuk Sebagai Museum Terbaik di Indonesia

By , Sabtu, 18 Juli 2015 | 13:00 WIB

Warga Yogyakarta, bersiaplah untuk bangga. Inilah Ullen Sentalu, museum terbaik di Indonesia berdasarkan pilihan situs terkemuka Trip Advisor.

Gunung Merapi tak hanya menyimpan lava dan pemandangan alam yang indah. Di lerengnya, terdapat sebuah museum mungil yang cantik. Beralamatkan di Jalan Boyong, Kaliurang, Museum Ullen Sentalu siap menyambut pengunjung yang memiliki ketertarikan pada budaya Jawa.

Ullen Sentalu adalah museum yang memiliki berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Mataram. Di sini Anda bisa melihat lukisan, alat music tradisional, kumpulan foto, arsip surat, kain-kain batik, dan sebagainya. Semuanya disimpan dengan hati-hati dalam sejumlah ruang yang ditata dengan apik.

Hawa di museum ini cukup sejuk karena lokasinya yang berada pada lereng Gunung Merapi. Bangunan ini pun menarik karena dibangun mengikuti kontur tanah yang tidak rata. Pepohonan yang rimbun juga menambah asri museum ini sehingga menimbulkan suasana nyaman nan menenangkan.

Setiap pengunjung museum dapat melihat seluruh koleksi dengan ditemani oleh pemandu yang sudah berpengalaman. Mereka akan mengajak pengunjung berkeliling dalam kelompok kecil yang dibatasi jumlahnya agar Anda bisa menikmati setiap sisi museum sampai puas.

Usai menikmati koleksi museum yang menawan, pengunjung yang lapar bisa mengunjungi restoran Beukenhof. Di sini Anda dapat menikmati sajian makanan Eropa dalam rumah makan beraksitektur menarik. Itulah sekilas tentang Ullen sentalu, museum terbaik di Indonesia. Jika Anda penasaran dengan isinya, datangi sendiri dan buktikan keindahannya.