Pulau Buatan Manusia yang Spektakuler di Dunia

By , Sabtu, 25 Juli 2015 | 16:30 WIB

Sebuah tujuan liburan populer adalah sebuah pulau. Semakin jauh dari rumah dan lebih tropis, lebih baik. Banyak orang berharap bahwa mereka bisa memiliki pulau pribadi mereka sendiri untuk pergi kapan pun mereka inginkan. Beberapa orang kaya sudah melakukannya.

Yang tampaknya menjadi tren baru dalam real estate, pulau buatan manusia dunia bermunculan. Beberapa digunakan untuk membuat tambahan ruang untuk sebuah negara atau kota yang sesak, pulau-pulau lain yang dibangun untuk menarik wisatawan dan menciptakan suasana yang menyenangkan. Inilah lima pulau buatan yang spektakuler di dunia.

Thilafushi

Thilafushi adalah sebuah pulau buatan di Maladewa. Secara geografis merupakan bagian dari saluran Vaadhoo, yang berda di antara Kaafu Atoll di Giraavaru dan Gulhifalhu. Pulau ini dibangun pada tahun 1992 pada reklamasi terumbu karang. Kawasan itu awalnya adalah tempat pembuangan sampah pada tahun 1990,. Tapi sekarang sedang disewakan kepada pengusaha yang tertarik untuk menggunakan tanah untuk keperluan industri.

Pulau Balboa

Pulau Balboa (4alltravelers.com)

 Pulau Balboa di Pantai Newport California adalah deretan dari tiga pulau buatan manusia yang mencakup Pulau Balboa, Pulau Balboa Kecil dan Pulau Collins. Pulau-pulau ini awalnya lumpur dikelilingi oleh rawa. Ada sebuah jembatan yang menghubungkan masyarakat Pulau Balboa ke daratan, dengan kapal feri yang menghubungkan keduanya. Pulau Balboa memiliki sekitar 3.000 penduduk dan merupakan salah satu komunitas terpadat di Negaranya.

Pulau Buatan Tokyo Disneyland

Pulau Buatan untuk Disneyland Tokyo (4alltravelers.com)

 Tokyo Disneyland adalah sebuah taman tema internasional yang terkenal di Jepang. Salah satu alasan mengapa Disneyland Tokyo begitu terkenal dan berbeda dari Disneyland di Amerika Serikat adalah karena terletak di pulau buatan manusia di Urayasu, Chiba. Tokyo Disney Resort adalah salah satu tempat wisata terbesar, dan merupakan Disneyland pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat. Pulau ini telah ada selama 32 tahun.

Pulau Kamfers Dam

Pulau Kamfers Dam (4alltravelers.com)

 Pulau kamfers Dam terletak di danau Kamfers Dam di Afrika Selatan, sebelah utara Kimberly. Pulau ini dibangun dalam bentuk huruf "S" raksasa. Pulau ini telah menjadi tempat berkembang biak yang penting untuk Flamingos kecil sejak pembangunannya pada tahun 2006. Pulau Kamfers Dam dibangun menggunakan 26.000 ton bahan. Hampir 50.000 flamingo tinggal di pulau ini. Namun, karena memburuknya kualitas air dan meningkatnya permukaan air, pulau ini dalam bahaya.

Pearl-Qatar

Pearl, Qatar (4alltravelers.com)

Pearl-Qatar adalah sebuah pulau buatan manusia di Doha, Qatar. Luasnya sekitar 4 juta meter persegi dan tanah pertama di Qatar yang tersedia untuk kepemilikan dibebaskan untuk warga negara asing. Pulau ini mengalami peningkatan populasi dari 3.000 orang pada 2011 menjadi 12.000 orang pada tahun 2015. Pearl-Qatar, diharapkan untuk mengakomodasi fasilitas hiburan yang besar bagi warga maupun wisatawan dalam waktu dekat.