Seorang Penyelam Tewas Diserang Hiu di Depan Mata Putrinya

By , Minggu, 26 Juli 2015 | 09:00 WIB

Seorang penyelam tewas oleh serangan hiu di depan mata putrinya saat mereka tengah menyelam di pantai Australia. Korban yang tak disebut namanya, menyelam untuk mencari scallops—semacam kerang— di kota pesisir Orford, Tasmania ketika ia diserang.

Polisi mengatakan pria berusia 40 tahun tersebut tak muncul kembali setelah mencebur ke air dari perahu mereka.

Putrinya yang berumur 20 tahun kemudian mencarinya dan melihat ayahnya diserang oleh hiu yang sangat besar, yang diduga sebagai hiu putih besar.

Dia mengangkat suar untuk meminta pertolongan, tapi ayahnya mengalami cedera fatal pada saat ia ditarik ke permukaan.

"Ini adalah insiden sangat traumatis bagi anak," kata Inspektur David Wiss.

Serangan itu terjadi di lepas pantai timur dekat tempat dimana hiu putih besar berukuran 4,5 meter terlihat pada hari Jumat, ujar anggota keamanan pemerintah, Peter Lingard kepada surat kabar The Examiner.

John Hammond dari Scallop Fishermen's Association of Tasmania mengatakan Ia sangat terkejut mendengar berita tersebut. "Ini benar-benar tragedi bagi kami. Sangat mengerikan," ia mengatakan kepada ABC.

"Setahu saya, putrinya juga turut berenang bersamanya. Itu pasti sangat mengerikan baginya."

Sebelumnya, peselancar Australia, Mick Fanning, juga diserang hiu saat tengah mengikuti kejuaraan selancar dunia di Teluk Jeffrey. Ia berjibaku melawan hiu tersebut dan sempat memukul punggung hiu itu dengan papan selancar. Serangan itu terekam dalam kamera TV dan disiarkan langsung ke seluruh dunia.

Hiu memang sering terlihat di pantai Australia, tapi serangan fatal sangat jarang terjadi. Pemerintah menyatakan bahwa rata-rata hanya ada kurang dari dua serangan hiu yang mematikan pertahun dalam dekade terakhir.