Hovenring, Jalan Layang di Belanda Khusus untuk Sepeda

By , Minggu, 26 Juli 2015 | 10:30 WIB

Lansekap kota yang cantik biasanya diisi dengan jalan besar untuk kendaraan roda empat. Lain dari yang lain, Hovenring, jalan layang keren di Belanda ini justru dikhususkan untuk sepeda.

Belanda memang merupakan negara yang warganya sangat senang bersepeda. Di setiap jalan selalu disediakan tempat untuk pesepeda. Sebuah jalan layang yang cantik di negeri kincir angin ini pun diperuntukkan khusus para pesepeda.

Hovenring adalah sebuah jalan lingkar pertama di dunia yang dikhususkan untuk sepeda. Arti kata ‘Hovenring’ sendiri adalah ‘kumpulan lingkaran (ring) Hovens’. Hoven merupakan nama daerah tempat jalan lingkar tersebut berada yaitu Eindhoven, Veldhoven, dan Meeerhoven.

Jalan yang menakjubkan ini memiliki ketinggian 70 meter. Jalan layang yang dibuat oleh Ipy Delft ini memiliki seribu ton dek besi jembatan dan 24 kabel besi. Lebih hebatnya lagi, jalanan Hovenring dilengkapi dengan lampu-lampu super canggih. Pada malam hari, jalanan ini akan menyala dengan terang. Selain menyinari jalan layang itu sendiri, perempatan di bawah jalan ini juga ikut diterangi oleh lampu LED yang ada di Hovenring.

Hovenring, jalan layang keren di Belanda khusus untuk sepeda ini selesai dibangun tahun 2011. Sayang karena adanya getaran kuat yang disebabkan oleh angin, jalan ini sempat ditutup. Setelah masalah getaran angin tersebut bisa dipecahkan, Hovenring dibuka lagi pada Juni 2012 lalu.