LFEX, Laser Terkuat di Dunia yang Pernah Dibuat

By , Rabu, 29 Juli 2015 | 18:30 WIB

Sejumlah tim ilmuwan dari Osaka University Jepang mengatakan bahwa mereka telah menciptakan laser terkuat yang pernah ada.

LFEX, Laser for Fast Ignition Experiments, adalah laser berkekuatan 2 petawatt atau dua kuadrillion watt, atau setara dengan kekuatan 1000 kali penggunaan energi listrik dunia. Meski memiliki kekuatan yang demikian besarnya, LFEX hanya mampu bertahan selama satu picosecond atau 1/1 triliun detik.

Dalam uji coba penggunaan LFEX, energi diaplikasikan ke dalam tabung kaca menggunakan alat seperti lampu yang menyerupai tabung neon. Dengan alat itu, mereka berulang kali memperkuat daya sorotnya sehingga pada bulan ini, mereka menjelaskan bahwa daya laser telah mencapai titik tertingginya dan mengklaim bahwa mereka telah memecahkan rekor laser sebelumnya: laser yang pernah dibuat oleh para ilmuwan dari University of Texas di Austin. Tim ilmuwan Osaka University menjelaskan, daya yang dihasilkan LFEX 100 kali lebih besar daripada laser yang dibuat oleh ilmuwan dari University of Texas.