Astronom Temukan Sistem Planet di Konstelasi Cassiopeia

By , Jumat, 31 Juli 2015 | 20:30 WIB

Kamis (30/7) kemarin, dalam laporan yang dimuat di jurnal Astronomy & Astrophysics dijelaskan bahwa para astronom telah menemukan sistem planet baru di belahan utara konstelasi Cassiopeia, yang berjarak sekitar 21 tahun cahaya dari Bumi.

Menurut penjelasan mereka, sistem planet tersebut terdiri dari tiga planet mirip Bumi yang mengitari satu bintang yang diberi nama HD219134.

Ketiga planet mirip Bumi itu diberi julukan Bumi super, karena memiliki massa yang jauh lebih besar dibanding Bumi kita, namun tidak lebih besar dibanding Neptunus, Saturnus dan Jupiter. Ketiganya tersusun atas gas dan bebatuan.

Peneliti NASA menemukan bahwa dari ketiga planet dalam sistem tersebut, salah satu planetnya yang diberi nama HD219134b tampak sedang melintasi muka bintangnya. Menggunakan teleskop NASA, Spitzer, astronom mengungkap bahwa planet HD219134b berukuran 1,6 kali lebih besar dari Bumi, dengan berat 4,6 kali lebih besar dari massa Bumi.

Penulis laporan studi, Stephane Udry, menjelaskan bahwa planet HD219134b bukanlah planet yang layak huni. “Suhu permukaannya diduga mencapai 427° Celcius,” tutupnya.