Burung Langka Pemakan Lebah ditemukan Bersarang di Cumbria

By , Minggu, 2 Agustus 2015 | 20:30 WIB

Dua pasang burung langka pemakan lebah yang bersarang dan membesarkan anak-anaknya di sebuah tambang di Cumbria, mendorong spekulasi baru mengenai pengunjung eksotis yang akan menjajah Inggris.

Burung-burung yang biasanya ditemukan bersarang di Eropa selatan ini  terlihat di tambang pasir Low Gelt Hanson, Inggris dekat Brampton di Pennines Utara oleh salah satu mandor. Burung-burung pemakan lebah yang terlihat warna-warni ini terbang antara koloni burung laying-layang yang bersarang di tambang itu.

Burung pemakan lebah pernah bersarang dan berkembang biak di Inggris tahun lalu, dengan delapan anak-anak burung yang kemudian terbang dan meninggalkan sarangnya.

Pemakan lebah juga pernah terlihat bersarang di Herefordshire pada tahun 2005, County Durham pada tahun 2002 dan di Sussex pada tahun 1955.

Para ahli mengatakan penampakan burung pemakan lebah di Inggris yang terus meningkat, dan dengan perubahan iklim yang mendorong spesies selatan lebih jauh ke utara, membuat mereka cenderung menjadi pengunjung tetap untuk negara ini di masa depan.

Mark Thomas, dari Royal Society for the Protection of Birds (RSPB), mengatakan, "Penampakan burung pemakan lebah meningkat pada musim panas kali ini dan kami dengan senang hati mengkonfirmasi bahwa mereka berkembang biak di Inggris untuk dua musim panas berturut-turut.

"Akibat terdesak ke utara oleh perubahan iklim, sangat mungkin bahwa burung-burung eksotis akan segera menjadi pengunjung tetap ke pantai kami."

Burung-burung tersebut terlindungi berkat kerja sama antara RSPB dan Hanson, yang langsung memberikan perlindungan terhadap burung-burung tersebut dari satwa liar. RSPB dengan cepat memulai program perlindungan sarang selama 24 jam.