Fosil Elasmosaurus ditemukan di Pegunungan Alaska

By , Minggu, 2 Agustus 2015 | 19:30 WIB

Para ilmuwan telah menemukan sebuah spesimen Elasmosaurus di Alaska. Fosil tersebut ditemukan dalam sebuah ekspedisi ke Pegunungan Talkeetna oleh University of Alaska Museum. Ini adalah pertama kalinya sebuah fosil Elasmosaurus telah ditemukan di Alaska. Foto di atas merupakan lukisan karya seniman dari Anchorage, James Havens, kehidupan di lautan pada akhir era Mesozoik yang menunjukkan Elasmosaurus yang sedang berenang.

Elasmosaurus yang hidup di lautan 70 juta tahun yang lalu selama akhir zaman mesozoik. Seperti Plesiosaurus lainnya, Elasmosaurus memiliki dua pasang kaki mirip dayung yang berfungsi untuk berenang.

Kurator Museum Sains, Patrick Druckenmiller mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Selama ini kita hanya membayangkan bagaimana bentuk makhluk mitologi raksasa tersebut, dan sekarang kita bisa benar-benar tahu bagaimana bentuknya. Ini adalah penemuan menarik karena merupakan Elasmosaurus pertama yang pernah ditemukan di Alaska."

Proses penggalian fosil Elasmosaurus (Pat Druckenmiller)

Beberapadari kerangka fosil  vertebrata ini pertama kali ditemukan oleh Curvin Metzler, kolektor fosil yang tinggal di Anchorage. Dia telah mendaki di daerah tersebut selama 25 tahun dan melihat tulang-tulang fosil mencuat dari tebing. Kerangka itu terletak sekitar setengah jalan dari tebing vertikal sejauh 60 kaki. Tim telah berhasil menggali sebagian kerangka tetapi masih ada beberapa yang tersisa untuk digali dan berencana untuk kembali saat musim panas mendatang. Para ilmuwan memperkirakan spesimen itu setidaknya berukuran panjang 25 kaki.