Nantinya, Peran Pekerja Bangunan Akan Digantikan oleh Robot

By , Rabu, 5 Agustus 2015 | 09:30 WIB

Dalam membuat makanan, gedung, alat elektronik, mobil, atau benda-benda lainnya, diperlukan waktu dan tenaga dalam jumlah besar. Industri-industri robot dunia kerap menciptakan robot yang mampu membantu mereka, menggantikan peran buruh pekerja untuk pengerjaan proyek dengan dana yang tak sedikit.

Tapi selama itu pula, jarang sekali robot-robot diciptakan untuk bekerja di luar ruangan dalam skala yang jauh lebih besar: seperti menyusun batu bata dalam pembangunan rumah atau gedung.

Namun kini, sejumlah perusahaan dan ilmuwan-ilmuwan dari universitas tengah mengembangkan robot yang dapat menyusun balok-balok beton dalam proyek pembangunan gedung. Salah satu perusahaan robot Fastbrick Robotics, menciptakan robot yang bisa menyusun 1000 bata hanya dalam waktu satu jam. Tentunya, inovasi ini akan memudahkan dan tentunya mempercepat pembangunan gedung-gedung bertingkat di masa depan.

Tak hanya Fastbrick Robotic, ETH Zurich juga menciptakan robot pekerja konstruksi yang diberi nama In-situ Fabricator. Robot itu dilengkapi dengan lengan yang bisa menaruh bahan bangunan berat. Robot itu juga bisa membangun peta 3D dari wilayah konstruksi menggunakan laser penindainya.