<i>M. Personatus</i>, Satu Lagi Jenis Laba-Laba Merak yang Baru Ditemukan

By , Rabu, 5 Agustus 2015 | 17:00 WIB

Maratus personatus punya ciri warna biru di kepala, seperti topeng yang menghiasi kepalanya. Personatus sendiri dalam bahasa Latin berarti “topeng”. Jenis spesies laba-laba merak ini seperti siap pergi ke pesta tengah malam.

Kerabat dari Sparklemuffin dan Skeletous ini baru saja ditemukan minggu lalu dan dilaporkan di jurnal Peckhamia. Penulis studi, David Hill, menjelaskan bahwa betina dari spesies ini sangat unik dan berbeda dari jenis laba-laba peacock lain: ia memiliki alat genital dengan ragam bentuk dan ukuran.

Namun, seperti halnya jenis Maratus atau laba-laba merak lainnya, jenis jantan dari spesies ini terkenal akan kemampuannya berdansa untuk menarik perhatian betina sebelum kawin.

Jika seekor betina mendekat, sang jantan akan menggerakkan kaki ketiganya di udara dengan cepat. Tujuannya, agar sang betina kagum dan mau kawin dengannya. Namun, M. personatus agak sedikit pemalu dibanding kerabatnya yang lain: jika laba-laba merak jantan pada umumnya akan menggerakkan flap yang terdapat di atas perutnya, M. personatus tidak melakukan “atraksi” tersebut dalam dansanya.