Lima Cara Menghindari Insomnia

By , Minggu, 9 Agustus 2015 | 12:00 WIB

Tubuh membutuhkan tidur malam yang baik untuk kesehatan dan kebugaran. Tidur di malam hari bagi sebagian orang terbukti sulit dilakukan. Meski sebenarnya bisa tidur, tapi seringkali anda justru terjaga pada malam hari. Anda mungkin juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tertidur.  Efek ini dikenal sebagai insomnia.  Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi insomnia.

1. Hindari minum kopi menjelang  malam

Kebanyakan orang suka menikmati secangkir kopi dengan beberapa makanan ringan di sore hari. Jika secangkir kopi di pagi hari membuat anda terjaga dan berenergi di siang hari, minum kopi menjelang malam akan membuat sulit tidur. Hindari minum kopi kurang dari 5 jam sebelum waktu tidur. Minum kopi di malam hari juga dapat meningkatkan dorongan untuk bangun dan buang air kecil sepanjang malam yang memiliki efek buruk pada kualitas tidur. Anda dapat mengganti kopi dengan secangkir susu hangat setelah makan malam agar tidur lebih nyenyak.

2. Latihan di malam hari

Latihan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Ini juga merupakan cara untuk mengurangi ketegangan di kepala dan membantu membakar lemak dalam tubuh. Anda membutuhkan beberapa waktu untuk membuat tubuh dan pikiran terasa rileks agar dapat tidur lebih nyenyak. Tak harus melakukan beberapa latihan berat, gerakan aerobik, push up atau sit up sudah terbilang cukup.

3. Bersantai setelah bekerja

Hidup ini penuh dengan tekanan dan tantangan yang membuat kita stres. Hal ini membuat pikiran terus bekerja secara paksa sehingga anda sulit tertidur. Luangkan waktu untuk menenangkan pikiran. Anda bisa melakukannya setelah bekerja, semisal menikmati secangkir teh chamomile atau jus segar, mendengarkan musik lembut, dan mandi air hangat. Anda dapat duduk di bak mandi selama sekitar sepuluh menit dan hanya bersantai. Ada kemungkinan bahwa Anda akan mulai merasa mengantuk di menit-menit relaksasi.

 4. Jauhkan semua gadget ketika saatnya tidur

Matikan telepon seluler anda jika saatnya tidur. Lakukan hal yang sama pada computer, TV atau gadget lain. Sangat dianjurkan untuk memiliki lampu tidur di samping tempat tidur yang dapat Anda gunakan setelah mematikan lampu utama.

Kebanyakan orang terpaku pada layar Smartphone dan iPad mereka hingga larut malam ketika saatnya untuk tidur. Panjang gelombang biru yang dihasilkan oleh layar ponsel memiliki efek menekan keinginan tidur Anda. Mereka merangsang pikiran Anda untuk tetap terjaga sehingga sulit tertidur. Selain itu, hindari membawa  pekerjaan dari kantor untuk diselesaikan di tempat tidur. Ini akan membantu Anda tidur lebih baik.

5. Seks ternyata cukup efektif

Jika anda telah menikah, tak ada salahnya melakukan hal-hal menyenangkan bersama pasangan sebelum tidur. Seks sebelum tidur baik untuk kesehatan Anda. Selama hubungan intim, tubuh pria menghasilkan hormon yang disebut prolaktin, hormon yang diproduksi dalam jumlah tinggi saat tidur. Adapun wanita, mereka menghasilkan oksitosin, juga disebut hormon berpelukan, yang membuat mereka merasa mengantuk dan ingin berpelukan setelah berhubungan seks. Hal ini juga akan membantu menciptakan ikatan erat antara Anda dan pasangan Anda dan membuat anda tidur nyenyak.