<i>Software</i> Ini Dapat Memperlihatkan Seperti Apa Dunia dari Perspektif Hewan

By , Minggu, 9 Agustus 2015 | 15:00 WIB

Seperti apakah dunia menurut pandangan seekor burung? Nah, dalam rangka memahami lebih baik tentang kamuflase hewan, beberapa peneliti dari Universitas Exeter telah menciptakan sebuah software yang akan memproses foto digital dan memberitahu kita seperti apakah gambar itu terlihat menurut pengelihatan burung, lebah, bahkan  musang. Software ini disebut Multispectral Image Calibration and Analysis Toolbox (micaToolbox), siapa pun dapat mengunduhnya secara gratis.

“Kami mempelajari kamuflase dan seberapa baik kamuflase bekerja. Untuk melakukan itu kita perlu model pengelihatan hewan," ujar Dr. Jolyon Troscianko, pembuat software tersebut kepada IFL Science.

Kamera adalah alat yang sangat baik, tetapi sangat sulit untuk mengetahui model pengelihatan hewan dengan perangkat lunak yang ada saat ini. “Anda perlu melakukan banyak coding sendiri untuk mengkonversi sebuah foto dengan benar ke dalam pengelihatan hewan. Pada dasarnya, Saya membuat toolbox yang hanya membuat proses tersebut menjadi jauh lebih mudah,?" kata Troscianko.

Dunia mungkin terlihat cerah dan berwarna-warni untuk kita, tapi kita hanya melihat sebagian kecil dari penampakan tanaman dan hewan yang sebenarnya.

Misalnya, mata manusia mengandung tiga sel kerucut yang berbeda, masing-masing sensitif terhadap salah satu dari merah, hijau, atau biru, namun cukup banyak tumpang tindih antara merah dan hijau.

Sementara itu, burung juga memiliki tiga jenis sel kerucut, namun mereka memiliki seperti tetesan minyak kecil diujung tiap kerucut yang berfungsi menyaring cahaya sebelum masuk kerucut. Inilah yang memungkinkan mereka membedakan warna di tingkat yang lebih baik dibanding manusia.

Software ini membuat kita dapat melihat dunia melalui perspektif pengelihatan hewan. Kita akan mulai menyadari bahwa ada banyak hal yang terjadi di depan mata namun kita tak dapat melihatnya. Kadal, misalnya. Kita melihat Kadal Tenerife jantan begitu kusam dan memiliki bercak biru berdebu di bagian leher. Namun dalam pandangan kadal betina, bercak biru ini tampak lebih cerah. “Kita melihatnya sebagai kadal membosankan yang berwarna biru gelap, sementara kadal betina melihatnya berwarna biru cerah,” kata Troscianko.

MicaToolbox memiliki data sejumlah hewan, mencakup berbagai merak, ikan dan lebah madu. Jika anda tengah meneliti hewan-hewan tertentu dan tertarik mencoba software ini, anda dapat mengunduhnya melalui tautan berikut .