Anglerfish Jari Merah, Jenis Baru Ikan Kodok

By , Rabu, 12 Agustus 2015 | 20:00 WIB

Ikan anglerfish jari merah atau Porophryne erythrodactylus adalah genus dan spesies baru dari ikan kodok (frogfish). Ikan ini dinamakan demikian karena memiliki sirip-sirip serupa jemari berwarna merah.

Spesies baru ini diidentifikasi oleh ilmuwan dari University of Washington. Spesimen ikan kodok dengan warna merah ini pertama kali ditemukan di Botany Bay, Australia, pada tahun 1980. Setelah sekian lama menghilang, spesimen ini ditemukan kembali di tahun 2005 dan diidentifikasi sebagai genus dan spesies baru dari pengulikan DNAnya.

Spesies baru dari ikan kodok ini hanya bisa ditemukan di laut Sydney, meski ikan kodok lainnya bisa ditemukan di seluruh tempat di dunia.

Dalam video di bawah ini, terlihat bagaimana cara ikan kodok makan. Mereka bisa dengan sigap membuka mulut dengan lebar untuk melahap secara langsung mangsanya, menelannya bulat-bulat dengan utuh.

Mangsa yang sudah masuk ke dalam mulut ikan kodok tidak bisa kabur dengan mudah karena memiliki otot khusus dalam esophagusnya untuk menahan mereka.