Ini Dia Monster Spaghetti dari Bawah Laut

By , Sabtu, 15 Agustus 2015 | 08:30 WIB

Makhluk ini terlihat seperti semangkuk pasta yang tumpah di laut.

Bathyphysa conifer adalah nama dari makhluk unik itu. Ia adalah hewan penghuni laut dalam yang bisa ditemukan berenang di laut Angola, pada kedalaman 1.220 meter.

Para pekerja tambang minyak yang pertama kali menemukan makhluk ini, merekamnya menggunakan kendaraan bawah laut tanpa awak (ROV), dan menjulukinya ‘Monster Spaghetti’—karena bentuk tentakel makhluk ini yang sangat mirip mi spaghetti.

Setelah diteliti, B. conifer ternyata masuk dalam jenis siphonophore seperti ubur-ubur dan koral. Siphonophore didefinisikan sebagai hewan yang hidup dalam koloni. B. conifer terdiri atas organisme multiselular yang disebut dengan zooids. Zooids sendiri sebenarnya merupakan satu hewan yang utuh, namun mereka hidup saling menempel dengan sesama zooid lain, sehingga membentuk satu organisme yang lebih besar: B. conifer. Uniknya, tiap zooid memiliki fungsi yang terpisah: satu zooid berfungsi untuk menangkap makanan dan mencernanya, zooid yang lain berfungsi sebagai organ reproduksi. Meski hanya memiliki satu fungsi berbeda pada tiap zooid, mereka membentuk satu B. conifer yang utuh—dan tentunya sangat unik.