Bayi Panda Kembar Terlahir di Kebun Binatang Smithsonian, Washington

By , Selasa, 25 Agustus 2015 | 14:30 WIB

Di Kebun Binatang Smithsonian, Washington, sepasang panda kembar lahir dari seekor panda berumur 17 tahun, Mei Xiang.

Sepasang kembar yang lahir pada Sabtu (22/8) lalu itu merupakan bayi hasil inseminasi buatan yang dilakukan kepada Mei Xiang pada April lalu. Hingga kini pihak kebun binatang belum bisa mengidentifikasikan siapa ayah dari kedua bayik kembar Mei Xiang.

Mei Xiang. (phys.org)

Kelahiran kembar memang bukanlah hal yang jarang terjadi. Namun, seekor induk panda tak terbiasa untuk merawat dua bayi sekaligus sehingga pihak kebun binatang harus melakukan beberapa upaya untuk membantu perawatan kembar tersebut. Salah satunya, dengan memberikan waktu bergilir untuk salah satu bayi panda dirawat di dalam inkubator.

Panda kembar itu masing-masing memiliki berat 86,3 gram dan 138 gram. Karena bayi yang diletakkan dalam inkubator tak mendapat kolostrum—kandungan dalam air susu induk yang penting dan bermanfaat untuk bayi yang baru lahir—pihak kebun binatang harus memberikan serum Mei Xiang kepadanya.

Pihak kebun binatang Shmitsonian berencana untuk melakukan penggantian bayi yang ditaruh dalam inkubator dan yang dirawat langsung oleh Mei Xiang tiap beberapa jam, agar kedua bayi bisa mendapat perawatan langsung dari sang induk dengan adil.