Wahana Dawn Kirimkan Citra Terjelas Ceres Pekan Lalu

By , Rabu, 26 Agustus 2015 | 13:30 WIB

Dari citra yang disampaikan wahana NASA, Dawn, terlihat adanya gunung kerucut yang menonjol di permukaan Ceres, planet katai yang terletak di antara Mars dan Jupiter.

Citra yang diambil wahana Dawn pada Rabu (19/8) lalu ini menunjukkan citra yang lebih jelas dibanding sebelumnya. Tak hanya gunung, dari citra juga nampak adanya kawah dengan patahan sempit.

Marc Rayman, teknisi mesin Dawn yang juga ketua misi penelitian Ceres menjelaskan bahwa jarak pandang wahana Dawn kini sudah tiga kali lebih jelas, sehingga bisa mengungkap secara detail apa saja yang tersembunyi di planet kerdil Ceres.

Sebelumnya, wahana Dawn pernah mengorbit protoplanet Vesta di tahun 2011-2012 dalam waktu 14 bulan. Pendaratannya di Ceres pada 6 Maret lalu menandakan kali pertama wahana ini mengunjungi planet kerdil, dan melakukan misi pemetaan menggunakan pemodelan 3D pada kameranya.

Selain pemodelan 3D untuk mengungkap permukaan Ceres, wahana Dawn juga memiliki spektrometer berinfrared untuk meneliti kandungan mineral pada permukaan Ceres.

Dawn mengorbit Ceres pada jarak 1.470 kilometer dari permukaan planet kerdil tersebut. Untuk mengambil citra dari seluruh permukaan Ceres, wahana Dawn membutuhkan waktu 11 hari untuk satu kali keliling.