ISIS Merilis Foto Kehancuran Kuil Baal Shamin di Palmyra

By , Kamis, 27 Agustus 2015 | 07:30 WIB

Harta dunia lain telah hilang selamanya. Selama akhir pekan, badan-badan intelijen Suriah melaporkan bahwa ISIS telah meledakkan Baal Shamin, kuil kuno di kota Palmyra. Gambar terkini telah dirilis ISIS yang konon menunjukkan kehancuran kuil tersebut.

Kuil ini, sayangnya, hanya menambah daftar baru dalam garis panjang barang antik yang hilang atau rusak oleh ISIS. Pada tahun lalu, militan telah membakar manuskrip langka yang dijarah dari sebuah perpustakaan Irak. Mereka merilis video pejuang menghancurkan patung-patung, dan menjual artefak berharga lainnya di pasar gelap. Kelompok teror melihat tindakan ini sebagai semacam pembersihan agama, sebuah pemurni Islam modern melawan politeisme.

Palmyra, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, dikuasai oleh ISIS pada bulan Mei. Kuil Baal Shamin adalah salah satu reruntuhan kota  (yang diawetkan) terbaik. Bangunan berstruktur 2000 tahun ini awalnya didedikasikan untuk dewa Kanaan dari langit.

Kuil Baal Shamin yang berusia 2000 tahun di Palmyra. (The Art Archive / Alamy)
 

"Ini adalah contoh yang unik dari usia yang besar, integritas besar, keaslian besar," kata Brian Daniels di Penn Cultural Heritage Center di Universitas Pennsylvania di Philadelphia. "Pada usia 2000 tahun, kuil telah bertahan tidak hanya dari kerusakan akibat waktu dan pembusukan, tetapi juga konflik manusia dan perubahan."

Perang psikologis

Kelompok militan itu dilaporkan mencurangi candi dengan bahan peledak berjumlah besar, menyebabkan kolom runtuh dan daerah belakang gedung itu—yang dikenal sebagai cella—dihancurkan. Tidak jelas kapan tepatnya terjadi kerusakan. Salah satu sumber melaporkan bahwa itu terjadi sebulan yang lalu, sedang yang lain mengatakan bahwa itu hari Minggu (23/8).

"Saya melihat Palmyra hancur di depan mata saya," Maamoun Abdul Karim, kepala barang antik negara, kepada Reuters. "Tuhan membantu kita dalam hari-hari mendatang."

Michael Danti, seorang arkeolog di Universitas Boston dan Direktur Akademik Suriah Heritage Initiative di Boston, mengatakan para ahli telah mengenali untuk beberapa waktu tentang bahan peledak yang ditanam di sekitar kuil. Dia menduga bahwa ISIS akan terus mengatur bahan peledak tersebut dalam beberapa minggu mendatang, menghancurkan fitur arkeologi yang masih hidup.

"Ini adalah bentuk perang psikologis terhadap komunitas global," kata Danti. "Itu membuat orang merasa mereka tidak berdaya untuk menghentikannya."

Kelompok Danti bekerja dengan museum dan pemangku kepentingan lokal di beberapa bagian Suriah yang berada di bawah kendali rezim atau kelompok-kelompok oposisi negara. Dana sumbangan dapat membantu penduduk setempat memperbaiki kerusakan tempur seperti pintu atau jendela hilang dan mengembalikan integritas struktural untuk bangunan beresiko.

Langkah-langkah juga sedang diambil untuk melindungi dari kerusakan tempur masa depan. Misalnya, The Penn Cultural Heritage Center dan lain-lain membantu museum selatan dari Aleppo, melindungi mosaik Romawi dan Bizantium dari pertempuran dengan menutupi mereka dengan lapisan lem dan kain, kemudian menumpuk karung pasir di depan.

Tim lain, seperti CyArk di Oakland, California, berharap untuk melestarikan setidaknya memori landmark Suriah dengan memotret atau memindai mereka saat mereka masih ada.

"Kelompok-kelompok ini merampok masa depan dengan menghancurkan aset budaya," kata Danti.