"Minum 8 Gelas Air Tiap Hari" Ternyata Hanya Mitos?

By , Kamis, 27 Agustus 2015 | 15:30 WIB

Dehidrasi memang berbahaya. jika tubuh kekurangan cairan dalam waktu lama dan secara terus menerus, risiko yang harus diterima tubuh adalah terjadinya malfungsi organ.

Jika Anda merasa lemas, jantung berdegup kencang dan meski suhu lingkungan sedang panas tapi tubuh tidak mengeluarkan keringat, kemungkinan besar adalah Anda sedang mengalami dehidrasi. Jika sudah begitu, tentunya penting untuk memberikan asupan cairan ke dalam tubuh.

Namun, tahukah Sahabat? Ternyata kita tak perlu meminum 8-10 gelas air putih setiap harinya, seperti yang selama ini dianjurkan oleh para dokter dan ahli medis.

Menurut profesor pediatri dari Indiana University School of Medicine Aaron E. Carroll, anjuran untuk meminum 2,5 liter air putih tiap hari itu berasal dari Dewan Pangan dan Gizi Amerika di tahun 1945.

"Tubuh memang memerlukan cairan sebanyak 2.500 cc atau yang setara dengan 8 gelas air, tapi cairan itu tidak hanya berasal dari air putih saja, melainkan bisa juga didapat dari makanan lain seperti buah-buahan dan sayur mayur," jelasnya, seperti yang dikutip dari The Telegraph.

Selain itu, belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa dengan meminum banyak air bisa memberikan manfaat kesehatan lain, seperti membuat kulit tampak lebih cerah, sehat, dan terbebas dari guratan atau keriput.