Lomba Karya Ilmiah Remaja dan National Young Inventors Award Kembali Digelar oleh LIPI

By , Sabtu, 29 Agustus 2015 | 11:30 WIB

Pada tanggal 25 hingga 27 Agustus 2015, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia didukung oleh British Council serta Newton Fund menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-47 dan National Young Inventors Award (NYIA) ke-8 di LIPI jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Newton Fund merupakan bagian dari bantuan pembangunan resmi Inggris yang bertujuan untuk mengembangkan kemitraan sains dan inovasi yang dapat meningkatkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan. Newton Fund menyediakan dana sebesar GBP75 juta (setara dengan 1,6 triliun rupiah) per tahun selama lima tahun mulai dari 2014.

Newton Fund mendorong kerjasama di bidang riset dan inovasi melalui kerasama bilateral dan multilateral antara negara-negara mitra dengan Inggris. Hal ini akan mendukung keunggulan riset dan inovasi yang dimiliki Inggris serta dapat membuka peluang kolaborasi dan perdagangan antargerara.

Pada lima tahun pertamanya Newton Fund berjalan di 15 negara yaitu Indonesia, China, India, Brasilia, Afrika Selatan, Kolombia, Cili, Turki, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Mesir, dan Kazakhstan.

Terkait dengan kompetisi ilmiah LKIR dan NYIA, Direktur Biritsh Council Indonesia, Sally Goggin menyatakan bahwa, “Kemitraan dengan LIPI adalah wujud nyata dukungan tersebut dan salah satu tujuan Newton Fund adalah mengupayakan jejaring ilmuwan muda Indonesia dengan negara-negara lainnya terutama dari Inggris.”

LKIR merupakan ajang kompetisi yang menampilkan hasil penelitian remaja sekolah menengah (SMP/SMA/Sederajat) di bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH), Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT), Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), serta Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim (IPK).

Pada LKIR ke-47 tahun 2015 ini, terdapat 1.489 proposal yang masuk. Sebanyak 60 proposal akhirnya dipilih untuk mendapatkan proses bimbingan selama 4 bulan hingga menghasilkan lagi 53 finalis terpilih. IPH menghasilkan 19 finalis, IPT 14 finalis, IPSK 15 finalis, dan IPK 5 finalis.

LKIR merupakan ajang seleksi keikutsertaan Indonesia dalam kompetisi internasional Intel Internatonal Science and Engineering Fair (Intel ISEF) yang seteiap tahun diseelenggarakan oleh Intel Corporation di Amerika Serikat.

Sedangkan NYIA merupakan ajang kompetisi hasil penemuan siswa berusia 8 hingga 18 tahun yang sifatnya memudahkan dan mendukung kegiatan yagn berhubungan denga kehidupan sehari-hari atau memiliki sifat menghibur dan menyenangkan dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan.

Pada tahun ini NYIA diselenggarakan untuk yang kedelapan kalinya. Usulan desain yang masuk adalah 389 karya yang akhirnya menghasilkan 30 finalis. Para pemenang NTYIA akan diseleksi untuk mengikuti ajang kompetisi International Exhibition for Young Inventors (IYEI) 2016 di Taiwan.