Green Toaster Pemanggang Roti yang Dapat Membersihkan Smartphone

By , Sabtu, 29 Agustus 2015 | 20:00 WIB

Tahukah anda bahwa smartphone yang digunakan sehari-hari mengandung lebih banyak jenis bakteri daripada toilet? Tapi jangan khawatir, Sebuah alat “pemanggang” bisa membantu anda mengatasi hal itu.

Awal bulan ini, Situs e-commerce Korea, Gmarket merilis sebuah video yang menampilkan sebuah konsep dari biro iklan Innored-Kinneir Dufort. Alat ini disebut Green Toaster, berfungsi untuk membersihkan smartphone anda hanya dalam beberapa menit dengan bantuan sinar ultraviolet.

Perangkat ini benar-benar mirip pemanggang roti, dengan tuas pengaktif sensor dan slot yang dapat menahan dua smartphone. Ketika smartphone anda berada di dalamnya, Green Toaster akan memancarkan sinar UV, memusnahkan bakteri di permukaan smartphone.

Dilansir dari The Huffington Post, ketika ditanya apakah Green Toaster akan dikomersilkan untuk umum, perusahaan tersebut belum memberikan tanggapan.

Penjelasan ilmiah dibalik konsep perangkat tersebut yaitu sinar UV yang kuat dapat membunuh sel bakteri dengan menghancurkan DNA mereka, sesuai penelitian yang dipublikasikan di jurnal Scientific American pada tahun 1998.

Dalam video tersebut, Craig Wightman, pemimpin desainer dari Green Toaster mengatakan bahwa perangkat ini dapat diletakkan di dalam café-café, sehingga orang-orang dapat mensterilkan smartphone mereka di lingkungan sosial, seperti café. "Pesan secangkir cappuccino, dan smartphone anda akan bersih bahkan sebelum buih cappuccino ditambahkan," kata Wightman. 

Sebenarnya perangkat ini bukanlah satu-satunya perangkat yang menggunakan sinar UV untuk membersihkan smartphone. Ada PhoneSoap Charger, sebuah kotak yang terdiri dari dua gelombang pendek landai sinar UV yang dapat menghancurkan bakteri saat mengisi ulang daya smartphone.

Rata-rata orang mengecek smartphone mereka sekitar 150 kali sehari, berdasar pada penelitian tren internet Kleiner Perkins Caufield & Byers. Bahkan beberapa orang tetap membawa smartphone mereka sekalipun sedang berada di kamar mandi. Itulah sebabnya mengapa para pengguna smartphone begitu membutuhkan perangkat semacam Green Toaster.