Aplikasi Baru Ini Menunjukkan dimana Drone dapat Terbang dengan Aman

By , Minggu, 30 Agustus 2015 | 09:30 WIB

Drone yang terbang di tempat-tempat tidak aman menjadi masalah bagi pilot. Dalam Agustus ini, sudah dilaporkan insiden drone mencapai dua kali lipat dari jumlah insiden pada 12 bulan di tahun lalu. Itulah sebagian dari alasan mengapa Federal Aviation Administration meluncurkan aplikasi baru yang dirancang untuk membantu penggemar drone untuk memeriksa apakah kegiatan mereka aman.

Aplikasi ini bernama “B4UFLY”, yang dirilis versi betanya untuk iOS pada Jumat (28/8). Aplikasi ini memungkinkan penerbang drone memeriksa dengan cepat status penerbangan lokal, dengan mempertimbangkan segala larangan khusus, bandara terdekat dan aturan penerbangan lainnya. Hal ini mirip, meskipun jauh lebih sederhana, dengan proses yang dijalani pilot pesawat ukuran penuh  ketika B4UFLY versi beta dari FAA merencanakan penerbangan.

Tampilan aplikasi B4UFLY. (Time)

B4UFLY FAA versi Beta terbuka bagi penerbang drone yang sebelumnya telah terdaftar untuk menjadi bagian dari tes. Badan ini mengharapkan aplikasi versi iOS dan Android akan tersedia untuk masyarakat umum dalam “beberapa bulan”.

Aplikasi ini juga bisa dilihat sebagai sebuah langkah dari FAA untuk lebih menjamin penghobi drone dapat mengoperasikan pesawat mereka dengan cara yang aman. Sementara badan tersebut telah memiliki wewenang yang luas untuk mengatur penggunaan drone komersial, mereka memiliki otoritas jauh lebih sedikit ata aktivitas rekreasi. Memastikan pilot penghobi tahu dimana tempat yang aman untuk terbang—dan dimana tidak aman—bisa membantu FAA mencegah calon bencana.