Persahabatan Dini Rusia dan Korea Utara

By , Jumat, 4 September 2015 | 12:00 WIB

Sebuah sekolah di timur jauh Rusia memperkenalkan ajaran baru dalam sistem pendidikannya. “Persahabatan yang diuji waktu” adalah tema yang dikaji dalam ajaran tersebut. Pengajaran ini dilakukan untuk menanamkan rasa persahabatan antara Rusia dan Korea Utara sejak dini.

Dua puluh orang siswa sekolah No. 5 di Kota Khabarovsk, akan mendapatkan pelajaran tersebut mulai semester ini.  Menurut petugas resmi yang mengumumkan kebijakan tersebut, kemungkinan nantinya kelas akan diperluas dan kapasitas siswanya akan ditambah. Dalam pembelajarannya, seiring waktu Bahasa Korea pun akan dimasukkan ke dalam program pembelajaran.

“Pembukaan kelas tersebut merupakan lanjutan dari tindakan persahabatan antara Rusia dan Korea Utara ,”jelas Alexandr Sokolov, seorang Mayor di Khabarovsk. “Persahabatan kami telah diuji oleh waktu, dimulai sejak masa Perang Dunia II saat tentara Rusia datang untuk membantu masyarakat Korea Utara.”

“Seiring waktu, persahabatan ini telah menjadi semakin erat,”tambahnya,”Tugas kami adalah untuk memperkuat hubungan hangat ini, mulai dari para murid sampai kota-kota.” 

Untuk makin menegaskan tentang persahabatan kedua negara ini, sebuah sekolah telah menghias gedungnya dengan foto-foto pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, serta presiden Rusia, Vladimir Putin.

“Pelajaran ini akan diharapkan dapat membantu anak-anak negeri kami (Rusia dan Korea Utara) untuk berhubungan dengan tradisi dan budaya satu sama lain,”kata seorang konsuler Korea Utara.