Mumi Kuno Ini Diduga Sebagai Penderita Gagal Jantung Pertama

By , Minggu, 6 September 2015 | 07:05 WIB

Seorang Pembesar Mesir yang meninggal 3.500 tahun lalu menjadi berita utama hari ini, sebab analisis terbaru dari tubuh muminya menunjukkan bahwa ia meninggal karena gagal jantung kronis.

Jika para ilmuwan benar, mumi Nebiri yang ditemukan pada tahun 1904 di kota Mesir Luxor dan sekarang disimpan di Museum Mesir di Turin, Italia, merupakan korban paling awal dari gagal jantung yang pernah ditemukan.

Untuk analisis, para peneliti melihat dari dekat tengkorak kedua Nebiri ini (dengan membuat rekonstruksi 3D) dan jaringan paru-paru tetap.

“Bagian kepala hampir seluruhnya terbuka, namun tetap dalam kondisi yang terawat,” kata Dr. Raffaella Beannucci, seorang ahli antropologi medis dari Universitas Turin kepada Discovery News.

Para peneliti menemukan bukti dari adanya penyakit gusi, plak arteri, dan kehadiran disebut "gagal jantung" sel di paru-paru.

Raffaella Beannucci mempresentasikan penemuan baru ini pada Kongres Mesir Kuno. (Rossella Lorenzi)

Nebiri bukanlah mumi pertama yang ditemukan dengan tanda-tanda penyakit jantung. The Guardian melaporkan mumi dari Raja Merneptah, seorang Firaun yang hidup 3.200 tahun lalu, juga menderita aterosklerosis.

Para peneliti mempresentasikan penemuan baru mereka di Kongres Mesir Kuno Internasional Ke-11 di Florence, Italia, 26 Agustus 2015.