Pertolongan Pertama dari Bumbu Dapur

By , Rabu, 30 September 2015 | 08:00 WIB

Isi dapur Anda ternyata bisa jadi andalan untuk kondisi-kondisi darurat. Berikut adalah lima bahan dapur yang sudah teruji secara ilmiah memiliki manfaat untuk mengobati gejala penyakit ringan.

1. MaduPara dokter anak di Amerika Serikat tidak menganjurkan orangtua untuk memberi obat bagi anak mereka yang sedang flu atau batuk. Namun, jangan panik, sebagai alternatif, Anda bisa memberikan satu sendok teh madu saat si kecil batuk. Namun, pemberian madu tidak direkomendasikan untuk anak berusia kurang dari setahun karena risiko keracunan bakteri. 2. Obat kumurObat kumur yang biasanya dipakai setelah menyikat gigi ternyata bisa menjadi resep ampuh mengatasi sariawan atau radang tenggorokan. 3. Es batuUntuk mengurangi bengkak atau nyeri pada luka cedera, gunakan kompres dingin dengan menggunakan es batu. Kompreslah tak lebih dari 20 menit untuk mencegah radang beku.

4. Pasta baking sodaSelain dipakai untuk membuat kue, baking soda juga bisa menjadi pertolongan pertama saat digigit serangga. Caranya, campurkan tiga sendok teh baking soda dengan satu sendok teh air lalu usapkan pada bagian yang gatal.

5. JaheBerbagai penelitian menunjukkan manfaat jahe untuk mengurangi mual dan muntah, mulai dari saat hamil sampai sakit akibat ketinggian. Jahe bisa direbus lalu airnya diminum hangat-hangat.