Mural Terbesar di Dunia itu Bernama "Lilith dan Olaf"

By , Jumat, 11 September 2015 | 16:05 WIB

Duo Artis Prancis, Ella dan Pitr (dikenal dengan nama Papiers Peintres)  baru saja merampungkan mural terbesar di dunia, yang merupakan bagian dari festival street art NuArt di Norwegia yang dibuka pada 5 September 2015.

“Lilith dan Olaf”, yang berukuran 21.000 meter persegi berbaring di atap Block Berge Bygg, di kota kecil Klepp, Rogaland.  Dalam karya tersebut, Ella dan Pitr melukis seorang perempuan raksasa yang tidur mengenakan tank top dan celana pendek. ArtNews menulis bahwa karya ini mengambil konsep yang “larger-than-life” ke tingkat yang baru.

Potongan ini juga dilengkapi potret kecil dari raja Norwegia kuno, Olaf I, yang memerintah dari 995-1000.

Sebelumnya, Papiers Peintres telah berkeliling dunia—seperti Italia, Chili, Potugal, Kanada—untuk melukis. Untuk “Lilith dan Olaf”, duo ini mengerjakannya dalam empat hari.

Menurut general manager NuArt James Finucane, “Lilith dan Olaf” adalah mural luar ruangan terbesar di dunia. Sedang menurut Jaime Rojo dan Steven Harrington selaku co-founder dari Brooklyn Street Art menyebut bahwa “raksasa tidur” itu mungkin merupakan mural figuratif terbesar di dunia.

Meski sulit untuk memastikan bahwa mural ini memecahkan rekor, namun mural ini dibuat untuk mengalahkan Pueblo levee Project di Pueblo, Colorado, yang memegang Guiness World Record untuk mural luar ruangan terbesar du dunia dengan 16.554,8 meter persegi sejak 1997. Pueblo levee Project sendiri dibuat tahun 1970-an.