Dinosaurus Cakar Petir ditemukan di New England, Australia

By , Selasa, 15 September 2015 | 14:00 WIB

Sebuah fosil dinosaurus pemakan daging yang luar biasa telah ditemukan. Hewan prasejarah tersebut dipastikan bukan dari jenis T. rex, tapi dilihat dari cakar seperti kait yang dimilikinya, dinosaurus ini pastilah sangat ganas.

Dilansir dari The Guardian, penambang opal menemukan tulang belulang fosil dinosaurus yang disebut ‘cakar petir’ di pedalaman Kota Lightning Ridge, New South Wales 2005. Saat ini, ilmuwan yang menguji fosil mengatakan bahwa fosil-fosil tersebut mewakili spesies yang belum diketahui sebelumnya. Dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ditemukan di Australia.

“Jelas bahwa kita sedang melihat sesuatu yang baru dan sangat bebeda dari semua fosil yang sebelumnya dikumpulkan di area ini,” kata Dr. Federico Fanti, Ahli paleontology dari Universitas Bologna di Italia.

Fosil dengan penanggalan 10 juta tahun ini terdiri dari tulang kaki, bagian pinggul, rusuk, lengan dan cakar. Fosil tersebut mengindikasikan seekor dinosaurus dengan panjang 22 kaki—setengah panjang T. rex, dengan cakar sepanjang 10 inci yang mungkin digunakan dinosaurus itu sebagai pencengkeram untuk menangkap mangsanya.

Salah satu potongan tulang dinosaurus 'cakar petir'. (University of New England)

Para ilmuwan menyimpulkan dinosaurus ‘cakar petir’ ini merupakan megaraptorid, kelompok dinosaurus theropod yang memiliki cakar tangan yang besar.

Saat dibandingkan dengan dinosaurus Australia dan Amerika Selatan yang lain, jelas bahwa spesies ini merupakan kelompok megaraptorid, kelompok dinosaurus yang relatif langka, diketahui kebanyakan berasal dari Argentina.

“Penemuan ini mengubah gagasan popular yang menyatakan dinosaurus Australia berasal dari nenek moyang dari Afrika dan Amerika Selatan. Justru dinosaurus ‘cakar petir’ ini tampaknya menjadi nenek moyang dari seluruh megaraptorid. Artinya, kelompok ini pertama kali muncul di Australia,” kata Dr. Phill Bell, ahli paleontology di Universitas New England, Australia.