Mari Menjelajah<i>Collider</i> dan Kembali Pada Masa 13,8 Miliar Tahun Silam

By , Rabu, 7 Oktober 2015 | 08:30 WIB

Apa yang akan Anda lakukan ketika terjebak dalam Collider atau pipa raksasa sepanjang 27 kilometer? Di dalam sana, selama menulusuri pipa raksasa Anda dapat melihat detektor yang berukuran raksasa dan mengungkap misteri yang terkubur di balik alam semesta ini melalui dunia subatomik. Pengalaman langka ini dapat Anda jumpai dalam Pameran Sains Collider pada 14 November mendatang.

ArtScience Museum Marina Bay Sands akan menjadi tuan rumah yang pertama di Asia dalam penyelenggaraan proyek eksperimen ilmiah terbesar di dunia yaitu Large Hadron Collider (LHC) yang berpusat di CERN sebuah organisasi riset nuklir di Jenewa. Pameran ini merupakan kolaborasi antara seni dan sains yang mengungkap rahasia semesta yang terkubur di bawah perbatasan antara Swiss dan Perancis. 10,000 ilmuwan dari seluruh dunia terlibat dalam proyek ini.

Sebelumnya pameran yang melibatkan tim kreatif yaitu Nissen Richards Studio, penulis drama Michael Wynne, perancang video Finn Ross, dan penata suara Carolyn Downing telah dihadiri oleh 400,000 pengunjung. Melalui gabungan dari artefak asli, elemen teater, video, dan tata suara yang menggugah pengunjung akan dibawa menuju laboratorium CERN hingga 13,8 miliar tahun silam ketika masa usai era Big Bang. Tak hanya itu, pengunjung memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan para ilmuwan sekaligus mengintip meja kerjanya secara virtual.

“LHC dirancang untuk menjawab beberapa pertanyaan mendasar yang kita miliki mengenai alam semesta. Hal ini telah menjadi tanggung jawab dari penemuan ilmiah paling menarik di abad ke-21, yaitu Higgs Boson. Inilah representasi yang sempurna dalam kolaborasi antara seni, sains, dan teknologi,” jelas Honor Harger, Executive Director ArtScience Museum.

Melalui pameran ini, pengunjung dapat menyaksikan representasi visual yang indah dari ledakan atom, produksi partikel baru yang melimpah, dan bagaimana data didistribusikan secara global kepada lembaga penelitian untuk menjelaskan misteri alam semesta ini.

Untuk merasakan pengalaman unik ini sebuah tiket dihargai mulai dari SGD 9, atau kunjungi www.marinabaysands.com/artsciencemuseum untuk informasi selengkapnya.