Pantai Ohoidertawun Pasir Putih Halus Seperti Tepung

By , Selasa, 13 Oktober 2015 | 08:00 WIB

Berbincang mengenai Indonesia bagian timur dengan sejuta pesona memang tidak ada habisnya. Indonesia bagian timur memang banyak memamerkan keindahan pantai dan pulau-pulau eksotis. Seperti di Pulau Kei Kecil yang merupakan salah satu pulau terbesar dari seratus lebih pulau yang terdapat di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Seperti gugus lainnya di Kepulauan Kei, tak diragukan lagi Kei Kecil memiliki keindahan pesisir dan surga bawah laut yang menawan.

Di Pulau Kei Kecil ada sebuah pantai dengan pandangan laut biru luas dan pasir putih halus seperti tepung. Pantai Ohoidertawun. Pantai ini menyuguhkan pemandangan laut yang biru dengan garis pantai yang putih. Ditambah cerahnya sinar matahari dan angin sepoi-sepoi yang menyegarkan tubuh.

Pantai Ohoidertawun merupakan pantai yang landai. Pada saat meti (air surut), seketika pantai menjadi lapangan yang luas sampai 500 meter. Di antara semua pantai yang ada di Pulau Kei Kecil, hanya Pantai Ohoidertawun yang memiliki meti terpanjang disetiap harinya. Biasanya saat meti inilah yang ditunggu wisatawan asing. Berjemur di tengah meti sangat mereka sukai. Tak jarang pula anak-anak berlarian dan bermain sepak bola. Aktivitas mencari karang pun sering dilakukan oleh penduduk Desa Ohoidertawun.

Anak-anak bermain sepak bola saat meti (air surut) di Pantai Ohoidertawun, Pulau Kei Kecil. (Nurul Kusumawardani)
!break!

Selain itu, di sebelah timur pantai ada tebing karang yang di dindingnya tertera lukisan tangan purba yang menggambarkan sosok manusia, binatang, perahu, mata, dan lain-lain. Lukisan ini berwarna merah dan masih menjadi misteri. 

Lukisan tangan purba yang berwarna merah ini sampai sekarang masih menjadi misteri. (Nurul Kusumawardani)

Tak hanya menyuguhkan keindahan pantai saat meti dan lukisan purba, penduduk di Desa Ohoidertawun juga tergabung menjadi kelompok kesenian. Tarian tradisional pun sering dilakukan kala menyambut wisatawan yang ingin menginap dan menikmati pantai ini.

Di Pantai Ohoidertawun ini menyediakan cottage untuk wisatawan yang ingin berlama-lama di pantai ini. Cottage yang terbuat dari bambu dan beratap daun sagu ini sangat tradisional tapi dapat membuat wisatawan nyaman.

Pantai yang sempurna, lukisan-lukisan purba yang misteri, dan kesenian tarian tradisional dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan saat berlibur di Desa Ohoidertawun. Eitsss... Jangan lupa kelapa muda ketika santai menikmati eksotisnya Pantai Ohoidertawun dan serunya anak-anak bermain.