Zombi, Simpanse Hamil yang Mengadopsi Bayi Yatim Piatu

By , Kamis, 15 Oktober 2015 | 20:30 WIB

Seekor simpanse yang tengah hamil mengadopsi bayi simpanse yatim piatu, sebuah perilaku yang belum pernah ditunjukkan simpanse.

Bayi simpanse bernama Boon menjadi yatim piatu saat ibunya, Soona, mati setelah melahirkannya di Kebun Binatang Monarto di Adelaide, Australia.

Meski ditinggal mati ibunya, bayi simpanse mungil ini tumbuh sehat dan kuat berkat simpanse yang tengah hamil bernama Zombi. Zombi tak hanya berada di sisi Soona ketika ia meregang nyawa, ia juga merawat anak Soona.

(Baca juga: Studi: Tangan Manusia Lebih Primitif dari Tangan Simpanse)

Penjaga senior primata di kebun binatang tersebut, Laura Hanley, tidak menyadari adanya perilaku simpanse semacam itu terlihat di tempat lain.

“Sangat jarang terdengar atau terlihat simpanse hamil tua yang mengadopsi bayi baru lahir yang yatim piatu,” ujar Hanley.!break!

Zombi mengasuh Boon seperti anaknya sendiri. (AFP/Getty)

Situasi unik ini tentu saja semakin memperkuat bukti pertalian kita dengan simpanse dan kemiripan makhluk mengagumkan ini dengan kerabat terdekat mereka, yakni manusia.

Dari menit pertama Zombi merengkuh bayi itu, ia terlihat begitu luwes mengurus, membantu dan merawat simpanse jantan mungil itu seperti anaknya sendiri.

Zombi diprediksi akan melahirkan minggu depan. Para penjaga kebun binatang akan mengawasinya lebih dekat untuk melihat apakah ia akan tetap merawat Boon sebaik ia merawat bayinya sendiri.

“Zombi adalah ibu yang cakap dan percaya diri,” kata Hanley.

Saat masanya menjadi ibu tiba, penjaga kebun binatang akan membiarkannya secara alamiah dan hanya ikut campur tangan ketika Zombi terlihat kesulitan atau jika bayi memerlukan makanan tambahan.

Baca juga: Mengapa Simpanse Dapat Tertawa dan Tersenyum Seperti Kita?

Nama Boon sendiri memiliki arti ‘berkah’. Kini ia tinggal di kandang simpanse bersama simpanse-simpanse lain.