Mengapa Bom Nuklir Menyebabkan Terbentuknya Awan Jamur?

By , Sabtu, 17 Oktober 2015 | 07:00 WIB

Perhatikanlah foto-foto hasil ledakan yang ditimbulkan oleh bom atom yang dijatuhkan baik di Hiroshima maupun Nagasaki. Selalu tercipta awan yang membubung ke langit, berbentuk jamur raksasa di angkasa. Awan ini disebut pyrocumulus. Bagaimana awan ini bisa terbentuk?

Ledakan bom atom menghasilkan gas panas yang terbakar dan membentuk bola. Sembari membubung ke atas, bola ini juga berakselerasi ke segala arah.

Karena bola gas yang berakselerasi ini lebih panas dan lebih tak padat dibandingkan dengan udara di sekelilingnya, maka terbentuklah dengan apa yang kita lihat sebagai bagian atas dari awan jamur, atau tudung jamur.

Sementara itu, gulungan yang terdapat di bagian bawah tudung awan jamur adalah hasil dari perbedaan suhu antara bagian tengah dan luar awan jamur. Bagian tengah memiliki suhu lebih panas dan akan naik lebih cepat, meninggalkan sisi pinggir luar yang lebih dingin dan lambat.

Saat naik ke angkasa, bola tersebut meninggalkan udara yang telah memanas, menciptakan efek yang terlihat seperti cerobong. Peristiwa ini menarik semua asap dan gas yang ada di sekitarnya sehingga membentuk apa yang kita lihat sebagai batang dari awan jamur raksasa tersebut.

Semua proses ini disebut instabilitas Rayleigh-Taylor yang secara umum menggambarkan percampuran antara dua jenis zat dengan kepadatan yang berbeda.