Asteroid Spooky akan Lintasi Bumi Saat Halloween

By , Senin, 26 Oktober 2015 | 12:00 WIB

Suatu kesempatan langka untuk disaksikan. Sebuah asteroid yang  lebih besar dari gedung pencakar langit akan meluncur ke Bumi saat Halloween. Tenang saja, asteroid bernama Spooky ini tidak akan bertabrakan dengan Bumi.

Para astronom NASA dari program Objek Terdekat Bumi pertama kali melihat asteroid pada 10 Oktober 2015, hanya 3 minggu sebelum Spooky meluncur. Spooky sangat kecil dan redup untuk dideteksi, sehingga membutuhkan teleskop yang lebih besar.

Sejak saat itu para astronom berjuang untuk mengawasi Spooky, melacak orbit, bentuk, serta ukurannya.

Asteroid Spooky secara resmi disebut 2015 TB145, ia memiliki lebar 950-2.100 kaki (290-650 meter). Para ilmuwan tidak yakin ukuran yang tepat sampai mereka dapat melakukan pengukuran radar –saat yang paling akurat adalah pada Halloween, ketika Spooky berada pada jarak terdekat. Tetapi bahkan di tengah-tengah rentang, atau 1.300 kaki, Spooky akan membesar sekitar 32 kali dari asteroid yang terbakar dengan cara spektakuler di Chelyabinsk, Siberia, pada tahun 2013 lalu.

NASA telah mengukur lintasan asteroid dan mengatakan Spooky akan aman melintasi bumi. Ia akan menempuh perjalanan 78.000 mil per jam (35 km/detik), 29 kali lebih cepat dari kecepatan peluru. Para penghuni bumi bisa bernapas lega, karena Spooky hanya seperti batu terbang yang melewati orbit bulan pada hari Sabtu, 31 Oktober pukul 01:05 ET (17:05 UT).

"Pada saat titik terdekat, itu tidak lebih dekat dari sekitar 300.000 mil (480.000 km) " kata Paul Chodas dari Pusat Studi Objek Terdekat Bumi di NASA Jet Propulsion Laboratory.

"Meskipun relatif dekat dengan standar langit, diperkirakan Spooky akan terlihat samar, sehingga pengamatan kala malam membutuhkan setidaknya teleskop kecil untuk bisa melihatnya," kata Chodas.

Bagi anda yang ingin melihat Spooky, siapkan teleskop yang besar untuk memburunya melintasi langit. Spooky akan berada pada jarak terdekat dan terang dari Bumi saat Halloween. Kecerahan diperkirakan akan mencapai ukuran 10, yang akan membuatnya terlihat melalui teleskop cermin 8 inci.

Waktu terbaik untuk berburu Spooky adalah pada malam sebelum pendekatan terdekatnya, yakni pada Jumat, 30 Oktober. Spooky bergerak perlahan di medan bintang dalam rasi Orion yang terang. Asteroid ini akan melewati bintang magnitudo ke-8 HIP 23.301 yang relatif cerah (hanya terlihat melalui teleskop) pada Sabtu pagi, pukul 03:20 ET. KarenaSpooky adalah obyek samar, teleskop komputerisasi dengan kemampuan memilih objek untuk berputar, akan sangat berguna.

Slooh, sebuah layanan pelacakan ruang berbasis internet, akan mengawasi asteroid Spooky dengan teleskop robot di Kepulauan Canary dan Eropa. Anda dapat menonton siaran Slooh ini secara online mulai pukul 01:00 ET / 17:00 GMT pada tanggal 31 Oktober.

Semoga langit cerah!

(K.N Rosandrani/Nationalgeographic.com)