Balon Internet Google Memperluas Jaringan Internet Indonesia

By , Selasa, 3 November 2015 | 18:00 WIB

Proyek balon internet dari Google, Loon, saat ini tengah menarik perhatian warga Indonesia setelah pemerintah dan tiga operator seluler besar mendukungnya untuk melakukan uji teknis di sini.

Berada di bawah pengembangan tim Google X, Project Loon secara umum berkonsep sama seperti pesawat tanpa awak atau drone milik Facebook, yaitu untuk menyebarkan akses Internet dari angkasa.

Balon Loon ibarat menara seluler yang mengangkasa di langit. Tiap balon akan memancarkan koneksi internet 4G LTE ke permukaan dengan jangkauan 40 kilometer dari tempat balon tersebut berada. Balon itu akan mengantar teknologi Long Term Evolution (LTE) dari perusahaan telekomunikasi yang telah bermitra dengan Google Project Loon.

Menurut CEO XL Axiata Dian Siswarini sebagai pihak yang telah menandatangani kerjasama dengan Google, Project Google Loon ini sangat cocok untuk membuka akses daerah-daerah di Indonesia agar bisa tersambung dengan jaringan telekomunikasi, namun ia mengaku belum tahu wilayah mana saja di yang akan kebagian koneksi.

Sementara Telkomsel, bakal mengujinya di lima titik di atas Sumatera, Kalimantan, dan Papua.

Setelah uji coba, ada pula rencana balon Internet ini akan dikomersialkan di Indonesia dua sampai tiga tahun mendatang.