Serangan Tegangan Tinggi Belut Listrik

By , Rabu, 4 November 2015 | 11:00 WIB

Ketika melindungi diri dalam serangan, belut listrik melancarkan beberapa taktik canggih dan mengesankan.

Menurut sebuah penelitian, penghuni berbahaya dari saluran berlumpur di lembah sungai Amazon dan Orinoco, Amerika Selatan dapat melipatgandakan voltase tegangan mereka dengan meringkukkan tubuhnya yang berkelok untuk menyesuaikan posisi kutub positif dan negatif pada organ listrik mereka.

Para peneliti juga menggambarkan bagaimana belut menggunakan nadi elektrik: baik sebagai sistem radar untuk melacak mangsa, melumpuhkan, membuat kontraksi otot tak sadar secara mengejutkan seperti dari remote control.

Neurobiologis, Vanderbilt University, Kenneth Catania mengatakan, jika belut listrik kadang-kadang dilihat sebagai hewan biasa, makhluk primitif dengan satu alat dalam toolbox, yang dapat mengejutkan mangsanya sampai mati. Pada kenyataannya, mereka memanipulasi medan listrik mereka dalam cara yang kompleks yang baru sekarang bisa dihargai.

Meningkatkan Tegangan

Studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology, mengungkapkan bagaimana belut listrik menggunakan manuver unik untuk membalik sentakan mereka ketika menyerang mangsa yang besar atau sulit.

Belut pertama menggigit mangsanya. Kemudian melengkungkan tubuhnya di sekitar mangsanya dengan menempatkan kutub negatif - organ listrik, yang terletak di ekor - dekat dengan kutub positif, yang terletak di kepalanya.

Dengan mangsa terjebak di antara kutub, belut listrik menyerang dengan lebih dari dua kali lipat tegangan. Hal ini menyebabkan kelelahan pada otot mangsa dengan cepat, memungkinkan belut untuk menggagalkan mangsa atau musuh melarikan diri.

"Yang saya suka dari temuan ini adalah mereka (belut listrik) tak terelakkan, namun juga luar biasa," kata Catania.

"Kita tahu dari fisika dasar, dengan membawa dua kutub listrik berbeda saling bertemu akan mengkonsentrasikan medan listrik, dan kita tahu dari fisiologi otot dasar, bahwa menggerakkan otot terlalu cepat dan terlalu lama menyebabkan. Tetapi, saya tidak pernah membayangkan belut listrik dapat menghasilkan hasil yang sama,"

Belut listrik mencapai panjang 1,8 - 2,5 meter atau 6 - 8 kaki. Mereka memiliki organ listrik dengan sel-sel khusus yang disebut electrocytes yang dapat menghasilkan debit hingga 600 volt untuk menaklukkan mangsa atau mengusir predator.