El Nino Memaksa Penguin Kaisar Berenang 130km Mencari Makan

By , Senin, 2 November 2015 | 12:00 WIB

Ke mana semua ikan pergi? Efek Perubahaan iklim yang kuat tahun ini salah satunya adalah El Niño, memaksa penguin kaisar melakukan perjalanan jauh untuk mencari ikan, karena hal ini mengancam kelangsungan hidup mereka.

Setelah El Niño pada tahun 1997,  -yang terkuat pada catatan- populasi penguin kaisar turun sebesar 34 persen.

Ini bukan pertanda baik untuk penguin ke depannya, karena saat ini mereka berada di tengah-tengah El Niño terkuat sejak tahun 1997. Perubahan iklim ini diperkirakan memiliki efek yang sama, untuk bertahan hidup ke depan, mereka bersama koloni mungkin harus melakukan migrasi.

Meskipun perubahan iklim merupakan ancaman untuk penguin kaisar, hal ini masih dalam jangkauan mereka. Hanya sedikit yang diketahui tentang cara hewan-hewan mengubah perilaku secara misterius di perairan yang memanas.

Kepulauan Crozet di selatan Samudra Hindia (habitat untuk sekitar 700.000 pasang penguin kaisar) mengalami peningkatan suhu air 1° C, walau hanya 1° C bagi penguin kaisar ini merupakan perbedaan antara hidup dan mati.

Selama musim panas, penguin berenang keluar dari pulau untuk mencari makan di depan kutub Antartika, batasan laut utama dengan kehidupan laut yang melimpah.

!break!

Lama Perjalanan

Tapi selama  iklim ekstrim di wilayah tersebut berlangsung, tujuan yang ditempuh penguin bisa mencapai 130 kilometer, atau sebanyak dua kali perjalanan kembali, kata Charles-André Bost dari Hubert Curien Multi-disciplinary Institute di Strasbourg, Perancis dalam suatu pernyataan.

Tim Bost ini mempelajari perjalanan penguin dalam mencari makan dari satu pulau ke pulau lainnya, antara tahun 1992 dan 2010. Selama periode ini, bagian depan kutub berubah posisi dari tahun-ke-tahun.

Selama tahun 1997, El Niño merupakan yang terkuat menurut catatan, suhu permukaan laut di Samudera Hindia selatan naik 1 ° C di atas rata-rata, mendorong posisi depan kutub menjadi 130 kilometer.

Suhu laut diperkirakan naik abad ini, seiring dengan pemanasan global. "Bagian depan kutub mungkin telah bergeser jauh ke selatan pada akhir abad, penguin terpaksa meninggalkan bagian di luari jangkauan mereka," kata Bost. "Tapi selalu ada kemungkinan mereka akan menjelajah lokasi lebih ke selatan di Samudera Hindia."

"Ada banyak bukti bahwa perubahan iklim mempengaruhi organisme, tetapi mendeteksi apa yang dilakukan dan bagaimana perubahan populasi menghadapi perubahan iklim sebenarnya sangat penting," kata Staniland dari British Antarctic Survey.

"Perubahan iklim memiliki efek yang cukup luar biasa pada penguin, tapi masalah besar bagi penguin kaisar adalah cara mengakses makanan mereka. Beberapa populasi - seperti penguin kaisar di South Georgia - melakukannya dengan sangat baik, sementara yang lain jelas tidak melakukannya dengan baik, karena makanan mereka sulit diakses, "katanya.