Tyranosaurus Ternyata Kanibal!

By , Jumat, 6 November 2015 | 19:00 WIB

Ilmuwan menemukan bukti fosil yang menunjukkan bahwa tyranosaurus terkadang memangsa tyranosaurus lainnya. Pada sebuah tulang fosil tyranosaurus yang ditemukan, terdapat goresan gigi yang diduga merupakan akibat digerogoti tyranosaurus lain.

Ahli paleontologist Matthew McLain dari Loma Linda University di California mengatakan, “Kami menemukan sebuah tulang tyranosaurus yang rusak di kedua ujungnya ketika menggali di Formasi Lance. Tulang itu tertutup alur-alur goresan yang cukup dalam.”

Para peneliti mengatakn bahwa goresan pada tulang diakibatkan hewan menarik daging dari tulang dengan cara yang sama seperti manusia memakan ayam goreng. Pada salah satu goresan terdapat goresan paralel yang disebabkan oleh tepi bergerigi pada gigi hewan yang menarik daging dari tulang. Pola tepi gigi yang bergerigi itu mengesampingkan buaya dan langsung merujuk pada dinosaurus theropoda seperti T. rex.

Mclain mengatakan, kenyataannya theropoda besar yang ditemukan di Formasi Lance hanya ada dua tyranosaurus, yakni Tyranosaurus rex dan Nanotyrannus lancesis. Fakta tersebut mengeliminasi seluruh kemungkinan selain kanibalisme.

“Sudah pasti ini adalah ulah tyranosaurus, sebab tak ada lagi yang memiliki gigi sebesar ini,” ujarnya yakin.

Goresan pada tulang tak bisa mengindikasi apakah tyranosaurus memangsa bangkai tyranosaurus yang sudah mati, ataukah membunuh tyranosaurus lain untuk dimakan.