Fakta-Fakta Menarik Tentang Kuku

By , Selasa, 10 November 2015 | 07:00 WIB

Kuku merupakan bagian dari tubuh kita dan tentunya juga harus dijaga kebersihannya. Bahkan, para wanita menganggap kuku merupakan salah satu bagian penting untuk menunjang penampilan mereka, sehingga tak jarang kuku dipercantik dengan berbagai warna maupun gambar. Simak fakta-fakta menarik tentang kuku.

1. Kuku jari tangan tumbuh sekitar tiga hingga empat kali lebih cepat dari kuku jari kaki. Inilah yang membuat kita lebih sering memotong kuku jari tangan dibanding kuku jari kaki.

2. Kuku jari kaki hampir dua kali lebih tebal dibanding kuku jari tangan. Ini juga yang membuat kita merasa lebih sulit memotong kuku jari kaki daripada kuku jari tangan.

3. Rata-rata dalam satu bulan, kuku jari tangan bisa tumbuh sekitar sepersepuluh dari satu inci dan kuku jari tengah tumbuh lebih cepat dibandingkan jari lainnya.

4. Kuku di ibu jari merupakan kuku yang tumbuh paling lambat.

5. Jika kita memotong kuku secara teratur, maka kuku akan tumbuh lebih cepat.

6. Kuku tumbuh lebih cepat ketika di iklim yang hangat daripada iklim dingin.!break!

7. Kuku juga lebih cepat tumbuh di siang hari daripada di malam hari.

8. Di usia muda, kuku akan lebih cepat tumbuh dibandingkan ketika kita sudah berusia tua.

9. Komponen utama dalam kuku ternyata sama seperti rambut, yaitu sejenis protein yang disebut keratin.

10. Kuku akan tumbuh lebih cepat di sebelah sisi yang dominan. Misalnya kita adalah seorang kidal, maka kuku di jari tangan kiri akan lebih cepat tumbuh dibanding yang kanan.

11. Kita bisa merangsang pertumbuhan kuku dengan memijatnya secara teratur atau menekankan kuku di atas meja dengan pelan, bahkan dengan mengetik di komputer.

12. Kuku dapat memberitahu kita tentang kesehatan kita, misalnya terdapat bercak atau bintik-bintik putih kuku, itu memungkinkan kita mengalami kekurangan kalsium di dalam tubuh.

13. Untuk kuku kering atau rapuh, kita bisa memperbaiki mereka dengan meningkatkan asupan air putih.